Samsung Minta Maaf Tak Bisa Kendalikan MERS

Turis mengenakan masker untuk menghindari MERS di Seoul.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id - Salah satu orang penting Samsung, Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jae-yong meminta maaf secara terbuka kepada publik menyusul meluasnya virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Korea Selatan.

Diketahui awal mula menyebarnya virus MERS itu berasal dari rumah sakit milik yayasan perusahaan, Samsung Medical Center.

Dikutip dari The Verge, Selasa 23 Juni 2015. Jae-yong menyampaikan permintaan maaf kepada publik dalam sebuah pidato televisi yang disiarkan secara nasional.

"Samsung Medical Center kami tidak bisa menghentikan infeksi dan penyebaran MERS, ini sangat menyedihkan dan kekhawatiran publik. Saya menundukkan kepala untuk memohon maaf," ujar Jae-yong.

Sempat Sembuh, Pria Korsel Kembali Terjangkit MERS

Menurut catatan, sejauh ini 84 dari 175 kasus MERS di Negeri Ginseng itu telah terkait dengan Samsung Medical Center. Tercatat juga, sudah ada 27 orang yang meninggal terserang MERS sejak mewabahnya virus itu pada bulan lalu.

Padahal diketahui Samsung Medical Center merupakan salah satu rumah sakit terbaik di Korea Selatan

Jae-yong merupakan anak tunggal dari Chairman Samsung Group, Lee Kun-hee. Jae-yong menduduki posisi penting tersebut sejak 2012 lalu.

Berbarengan dengan mewabahnya MERS dari rumah sakit Samsung itu, ayah Jae-yong ternyata juga sedang dirawat di rumah sakit itu. Setelah mendapat serangan jantung pada akhir bulan lalu.

Untuk menjamin keamanan ayahnya dan memastikan rumah sakit bisa kondusif untuk perawatan pasien MERS, Jae-yong berjanji akan mereformasi praktik di Samsung Medical Center.

"Saya memahami dengan kekhawatiran dan kesedihan yang telah dialami pasien dan keluarga mereka," kata dia.

VIrus Ebola

Deretan Virus Mematikan yang Menggemparkan Dunia

Mers bukanlah wabah pertama yang menyebar dan meresahkan.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2015