Bos Apple: Ada Rasa China Saat Desain Produk

Sumber :
  • REUTERS/Chance Chan/Files
VIVA.co.id
Apple Bagi-bagi Undangan
- Apple mengakui tak bisa melepaskan pengaruh cita rasa Tiongkok pada perangkatnya. Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook belum lama ini mengakui rasa China atau Tiongkok telah memberi pengaruh pada keputusan perusahaan untuk merilis desain emas pada banyak produknya.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Hal itu disampaikan Cook dalam sebiah wawancara media yang terbit dalam bahasa Tiongkok, dikutip
Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan
Macrumor, Selasa 23 Juni 2015.


Cook mengatakan penambahan opsi produk berwarna emas pada lini iPhone 5S merefleksikan cara Apple untuk mempopulerkan produknya di pengguna Tiongkok.


"Apple Inc. mengambil citarasa pengguna Tiongkok saat merancang banyak produknya. CEO Tim Cook menekankan Tiongkok penting bagi pembuat iPhone itu," tulis laporan media yang terbit dengan bahasa lokal itu.


Dalam wawancara itu, Cook mengakui iPhone warna emas yang dirilis pada tahun lalu populer di antara opsi warna yang lainnya.


Keputusan Apple menghadirkan citarasa Tiongkok pada produknya itu bukan tanpa tujuan. Diketahui, Tiongkok bersama Taiwan dan Hong Kong merupakan pasar terbesar kedua bagi Apple selama beberapa tahun terakhir ini.


Maka menjadi masuk akal bagi Apple untuk memberi 'kado' khusus pada produk Apple, sehingga menarik pengguna di pasar tiga wilayah itu. 


Cook mengajukan bukti. Selama kuartal kedua tahun ini, pasar Tiongkok, Taiwan dan Hong Kong telah mencapai rekor pendapatan per kuartal. Pasar tersebut tumbuh 71 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan total pencapaian US$16,8 miliar. Untuk pasar Tiongkok saja, sudah berkontribusi 29 persen dari pendapatan Apple pada kuartal pertama.


Bos Apple itu juga menegaskan dukungan pengembang yang kuat bagi ekosistem jam tangan pintar Apple Watch. Disebutkan pengembang telah memberikan lebih dari 3500 aplikasi yang tersedia pada perangkat sandang
(wearable)
itu.


Kontribusi pengembang pada Apple Watch lebih tinggi dibandingkan pada perangkat lain, yaitu sekitar 500 aplikasi yang tersedia pada debut iPhone pada 2008, dan 1000 aplikasi pada iPad pada 2010.


Sebagai 'balas budi' kepada warga Tiongkok, Cook mengatakan Apple merencanakan menggelar lebih dari 180 program uji coba di berbagai sekolah di Tiongkok. Program uji coba itu bertujuan mengubah model pendidikan tradisional dan membantu siswa berkontribusi ke masyarakat.


Program lain yang lakukan Apple di Tongkok yaitu program edukasi bagi anak untuk menggunakan ponsel pintar dan program mempelajari komposisi musik degan menggandeng aplikasi khusus iOS dan OS X Apple, Garageband.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya