Mirip Film Armageddon, Asteroid Akan Diledakkan Pakai Nuklir

Asteroid YB35 mendekati Bumi.

VIVA.co.id - Ternyata ilmuwan dan lembaga antariksa Amerika (NASA) percaya jika cerita film Armageddon, yang diperankan Bruce Willis, benar adanya. Hanya bom nuklir yang bisa menghancurkan asteroid yang berpotensi bertabrakan dengan bumi.

NASA dan National Nuclear Security Administration mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama menciptakan kemungkinan senjata nuklir penghancur asteroid.

Bumi Dibayangi Dua Komet Pekan Ini

Sama seperti dalam film Armageddon, mereka akan menerbangkan tim penghancur ke asteroid, lalu menggali inti asteroid dan memasukkan muatan nuklir.

"Seringkali departeman yang ada masing-masing hanya memiliki puzzle yang tidak bisa dirangkai. Jadi merupakan hal yang baik jika kita bekerja sama merangkai puzzle itu," ujar Bruce Betts, Director of Science and Technology dari Planetary Society, seperti dikutip New York Times, Selasa 23 Juni 2015.

Para ilmuwan percaya jika ada sekitar satu juta asteroid yang dekat dengan bumi dan berpotensi menghancurkan planet ini. Sayangnya, hanya sedikit asteroid yang bisa terdeteksi.

Banyak bukti akan adanya asteroid penghancur bumi. Beberapa di antaranya asteroid yang meledak di Chelyabinsk, Rusia yang memiliki kekuatan 20 sampai 30 kali dari bom atom Hiroshima. Ini merupakan yang terbesar sejak peristiwa Tunguska di 1908, yang menghancurkan hutan di Siberia.

Menurut Betts, menggunakan senjata nuklir bisa berfungsi untuk menghalau asteroid atau komet berukuran menengah, diameter sekitar 164 dan 492 kaki.

Sayangnya, ilmuwan lain mengklaim jika menciptakan fragmen batuan yang diciptakan dari kehancuran asteroid, bisa membuat situasi lebih buruk. Oleh karena itu membelokkan asteroid akan menjadi solusi terbaik, agar tidak menghantam bumi.

Solusi peledakan asteroid dengan senjata nuklir sejatinya telah diperkenalkan sejak lama. Sekelompok tim dari Iowa mengklaim telah mengembangkan sistem yang sama, disebut Hypervelocity Asteroid Intercept Vehicle atau HAIV, pesawat yang didesain akan menjadi penghalang asteroid di luar angkasa.

Jurus Baru NASA Tangkal Asteroid Pengancam Bumi

Terdiri dari pesawat utama yang akan menabrak komet dan menciptakan lubang kawah di asteroid. Dalam kurun milidetik kemudian, sebuah pesawat lain yang membawa peledak nuklir akan masuk ke dalam kawah tersebut dan meledakkan benda luar angkasa. Dipercaya, efektivitasnya akan mencapai lebih dari 20 kali lipat.

Selama kurun dua dekade ini, NASA telah mencari asteroid dekat bumi yang tampak membahayakan. Asteroid itu kebanyakan berukuran lebih dari satu kilometer. NASA mengklaim telah menemukan 98 persen dari asteroid-asteroid itu.

Sayangnya, sistem pendeteksi asteroid milik NASA hanya bisa melacak satu persen dari objek yang diperkirakan, yang kebanyakan mengorbit matahari. (ase)

Malam Natal, Asteroid Raksasa Dekati Bumi
Ilustrasi asteroid dekati Bumi.

NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi