VIDEO: Truk Transparan Samsung untuk Keselamatan di Jalan

Safety Truck Samsung
Sumber :
  • www.news.com.au/Samsung
VIVA.co.id
Samsung Setop Bikin Galaxy S Berlayar Datar?
- Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung tak hanya mengurusi
gadget
Jual Galaxy Note 7, Samsung Punya Toko Online
dan perangkat konsumer saja.
VIDEO: Intip Tampilan Pertama Galaxy Note 7

Belum lama ini, Samsung merilis program keselamatan berkendara di jalanan dengan sebuah truk transparan, Safety truck. Dikutip dari
News.com.au,
Selasa 23 Juni 2015, truk transparan pada bagian pintu belakang itu menggunakan inovasi layar Samsung.


Konsepnya, layar yang dipasang pada bagian belakang truk itu akan menampilkan kondisi jalanan di depan truk tersebut.


Untuk menampilkan kondisi jalan depan truk secara
real time,
layar itu terhubung dengan kamera depan perangkat Samsung. Dengan konsep ini, pengemudi yang berada tepat di belakang truk bisa melihat kondisi jalan di depan yang sebenarnya.


Hal ini memungkinkan pengemudi di belakang truk bisa dengan aman kapan pun untuk menyalip atau menunggu situasi aman lalu lintas.


"Ini memungkinkan pengemudai memiliki pandangan yang lebih baik saat memutuskan apakah ini aman untuk menyalip," tulis Samsung dalam keterangan proyek di blog perusahaan.


Dengan rilis truk unik itu, Samsung juga yakin akan mengurangi insiden di jalanan.


"Keuntungan lain dari Safety Truck ini adalah mungkin mengurangi risiko kecelakaan yang disebabkan pengereman mendadak atau binatang yang melintas jalanan," tulis Samsung.


Tentunya untuk meghasilkan visual yang jelas pada bagian belakang truk, Samsung mengerahkan kamera yang mampu untuk bisa merekam dengan jelas kondisi jalanan baik dalam kondisi malam maupun saat kurang cahaya. Samsung memastikan teknologi ini bisa digunakan untuk malam atau siang hari.


Negara pertama yang mencicipi uji coba truk Samsung ini yaitu Argentina. Pertimbangannya, kecelakaan lalu lintas kerap terjadi pada jalanan dua lajur di negeri Amerika Latin itu.


Samsung mengatakan, purwarupa truk itu telah ditarik dari jalanan. Tapi Samsung mengatakan perusahaan akan terus melanjutkan pengembangan teknologi keselamatan jalan dengan dukungan dari pemerintah dan organisasi non pemerintah.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya