Proyek Rahasia Twitter Terbongkar

Ilustrasi Twitter.
Sumber :
  • REUTERS/Kacper Pempel

VIVA.co.id - Proyek baru Twitter yang dinamakan Project Lightning terbongkar. Proyek ini akan memudahkan pengguna Twitter atau nonTwitter untuk mendapatkan konten berupa foto, video, vine dan streaming Periscope dalam satu halaman.

Twitter Hadirkan #Blueroom di RI, Pertama di Asia Tenggara

Menurut laporan BuzzFeed, yang dikutip ITProPortal, Senin, 22 Juni 2015, proyek ini mulai terungkap pekan lalu. BuzzFeed melabeli Project Lightning sebagai proyek paling rahasia Twitter.

Proyek ini memungkinan pengguna bisa melihat konten Project Lightning pada aplikasi mobile juga dalam versi situs. Project Lightning akan bekerja mengumpulkan beragam konten multimedia dari para pengguna digital dalam sebuah event tertentu dan menyajikannya ke pengguna.

#BlueRoom, Wadah Temu Kreator Konten dan Audiens Twitter

Misalnya ada sebuah pameran atau konser tertentu di sebuah tempat, maka otomatis akan ada ratusan hingga ribuan foto, video, vine dan lainnya dari acara tersebut yang tampil dalam Project Lightning.

Nah, untuk menikmati beragam konten itu, pengguna cukup menggunakan tanda tagar populer atau hastag. Dengan memakai hastag itu, maka pengguna secara otomatis akan disajikan dengan beragam postingan mulai dari yang kurang berkaitan sampai yang tidak berkaitan sama sekali dengan event yang dimaksud.

Gubernur Ganjar Minta Bupati Semarang Main Twitter

Meski demikian,  Project Lightning akan memiliki tim editor yang akan mengorganisasikan konten yang berkuallitas dan tersedia untuk pengguna Twitter atau non-Twitter.

Situs mikroblogging itu juga memungkinkan situs lain untuk melekatkan (embed) event tersebut. Secara teknik ini seperti melekatkan video youTube pada situs tertentu. Setelah dilekatkan, event Twitter itu secara otomatis ter-update sesuai yang muncul di Twitter.

"Ini tantangan yang telah kami jalani bertahun-tahun, meskipun kami telah menjadi konten yang luar biasa di dunia, yaitu memiliki televisi tanpa panduan saluran atau kendali remote," ujar Katie jacob Stanton, Kepala Kurator Tim Editorial Twitter.

Ditambahkan Stanton, Project Lightning ini diklaim sebagai satu-satunya cara untuk menemukan konten dengan baik.

"Tidak ada cara yang benar-benar menemukan ini atau mengontektualkan konten. Jadi Project Lightning merupakan wadah indah bagi kita untuk memunculkan konten yang luar biasa dan membuatnya menyenangkan."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya