Kebun Binatang Surabaya Bakal Dilengkapi Aplikasi Mobile

Gajah Gonzales Sambut Libur Tahun Baru di Kebun Binatang Surabaya pada 2014 lalu.
Sumber :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya

VIVA.co.id - PT Indosat Tbk kembali memperluas aplikasi di kebun binatang. Kali ini, Kebun Binatang Surabaya (KBS) menjadi sasaran dijadikan sebuah aplikasi mobile.

Cara Indosat Ooredoo 'Paksa' Anak SD Buat Aplikasi HP

Dalam dunia maya ini, KBS bertransformasi dengan nama Surabaya Zoo.

Sebelumnya, Indosat juga telah meluncurkan Aplikasi Ragunan Zoo pada akhir Mei lalu, sebagai dukungan implemetasi smart city yang dicanangkan pemerintah DKI Jakarta.

Dalam keterangan tertulis pada Kamis, 18 Juni 2015, dalam aplikasi mobile itu akan tersaji berbagai informasi seputar KBS yang bisa dinikmati para pengunjung. Mulai dari jadwal atraksi binatang, peta digital area kebun binatang, permainan interaktif, serta berbagai fasilitas yang ada di area kebun binatang.

Aplikasi yang dibuat sebagai bagian dari program sosial (corporate social responsibility/CSR) itu, mempunyai tampilan yang menarik, mudah digunakan, interaktif, dan menyenangkan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki fasilitas dwi-bahasa.

Kehadiran aplikasi mobile Surabaya Zoo untuk memperluas pemahaman dan apresiasi masyarakat terkait fungsi taman satwa, sekaligus mendukung pelestarian satwa Indonesia, terutama yang dikelola di Kebun Binatang Surabaya.

“Kami berharap dengan aplikasi mobile edutainment ini juga menjadi sarana upaya pengumpulan dana yang transparan (auditable) untuk membantu konservasi, serta sarana edukasi secara digital tentang kebun binatang, sekaligus akan mendorong dan meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya,” kata Chief Information Officer Indosat, Herfini Haryono.

Herfini menjelaskan, aplikasi Surabaya Zoo merupakan hasil karya anak bangsa. Pengembang yang merancang Surabaya Zoo bernama Sandy Colondam.

Ia adalah seorang pengembang muda yang lima kali memenangi program Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC), sebuah kompetisi inovasi aplikasi wireless yang diselenggarakan setiap tahun oleh Indosat sebagai bagian dari kegiatan CSR.

Tak hanya soal informasi, Surabaya Zoo Apps juga menyajikan menu Donate & Gives Loves, yang mengajak masyarakat berpartisipasi untuk membantu konservasi melalui program SMS donasi ke hewan favorit pilihannya.

Indosat Ooredoo Sasar 5 Juta Pengguna 4G Plus per Bulan

Adapun nilai nominal donasi yang dapat dipilih sebesar Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp25.000, dan Rp50.000. Program itu dapat diikuti pelanggan Indosat.

Bagi yang ingin menikmati dari aplikasi lokal ini, maka yang memiliki ponsel berbasis Android dapat mengunduhnya melalui platform Google Play Store secara cuma-cuma alias gratis. (art)

 Kantor Indosat Ooredoo

Indosat Rugi Rp1,3 Triliun

Trafik data tumbuh 130 persen.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2016