BlackBerry Akan Rilis Ponsel Android?

Blackberry Campus di Waterloo
Sumber :
  • REUTERS/Mark Blinch
VIVA.co.id
BlackBerry Rilis Smartphone Android Teraman di Dunia
- BlackBerry dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk membuat ponsel pintar berbasis Android.

BlackBerry Pangkas Harga Ponsel Berbasis Android

Empat sumber yang mengetahui proyek ini mengungkapkan, upaya  merilis ponsel Android merupakan cara perusahaan asal Kanada itu menjaga persaingan dengan Apple dan perangkat berbasis Android.
BlackBerry Tinggalkan OS BlackBerry


Dikutip dari
Reuters,
Jumat 12 Juni 2015, sumber yang meminta ditulis dalam kondisi anonim mengatakan, langkah memakai Android merupakan strategi perusahaan dalam manajemen perangkat dan perangkat lunak.


Diketahui, BlackBerry pernah berjaya pada penjualan ponsel pintar beberapa tahun lalu, tapi kini pangsa pasarnya anjlok, kurang dari satu persen.


Rencana rilis ponsel Android juga belum jelas apakah nantinya akan menghentikan lini ponsel BlackBerry 10, yang sudah diperkenalkan perusahaan sejak awal 2013. Sejak diperkenalkan, perangkat berbasis BlackBerry 10 belum bisa menyaingi Android atau Apple.


Menanggapi hal ini, BlackBerry enggan mengonfirmasi kabar tersebut.


"Kami tak mengomentari rumor dan spekulasi, tapi kami tetap komitmen dengan sistem operasi BlackBerry 10 yang memberikan keuntungan keamanan dan produktivitas yang tiada tanding," kata BlackBerry dalam sebuah konfirmasi melalui email.


Dua sumber mengatakan jika BlackBerry merilis ponsel Android, itu akan makin menjawab keraguan tentang sistem BlackBerry Enterprise Service 12 (BES12), sistem manajemen keamanan BlackBerry. Selama ini BES12 hanya menysar untuk kalangan pengguna korporasi saja.


Dengan rilis Android, BES12 berarti tak hanya hanya menjalankan fungsi pengelolaan saja tapi juga memastikan keamanan pada ponsel dan tablet Android. BES12 diumumkan pada arena Mobile World Congress di Barcelona tahun ini.


Dua sumber lain mengatakan, kemungkinan ponsel Android BlackBerry akan hadir pada musim gugur tahun ini. Untuk jenisnya, kemungkinan ponsel Android Blackberry yang hadir yaitu jenis ponsel model geser.


Disebutkan sumber, jika BlackBerry meluncurkan ponsel Android, maka perusahaan akan muncul dengan beberapa fitur yang telah dipatenkan dalam sistem operasi BalckBerry 10.


Sinyal itu sudah muncul sejal Maret lalu, yang mana perusahaan telah mengumumkan berencama mengirimkan paten keamanan, produktivitas dan alat komunikasi pada tiap perangkat mobile berbasis iOS, Android dan Windows.


Terkait rumor ponsel Android BlackBerry itu, juru bicara perempuan Google belum memberikan komentarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya