LIPI Incar Produk Industri Lain Gunakan Elektromagnetik

Pakar dari LIPI jelaskan mengenai EMC
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
- Tak hanya industri otomotif, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga mengincar produk-produk industri lainnya guna pemanfaatan teknologi elektromagnetik. Hal ini dilakukan untuk menjamin kualitas produk saat dipasarkan.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Pengujian tersebut salah satunya bisa melalui Electromagnetic Compatibility (EMC). Diklaim, melalui EMC maka setiap produk akan memiliki kualitas, keamanan, dan keselamatan bagi yang menggunakan.
Demi Potensi Pulau Perbatasan, LIPI Kerahkan 23 Peneliti


Menurut Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2 SMTP) LIPI, Harry Harjadi, EMC dapat diuji untuk produk-produk seperti yang ada di rumah sakit, atau seperti ponsel.


"Produk tersebut di rumah sakit pasti ada elektromagnetik maka dengan EMC akan mengurangi risiko kesalahan saat melakukan operasi. Atau pada ponsel, kan setiap kita telepon itu suka ada suara rusak gitu. Nah, kita pastikan produk itu tidak mengandung bahaya kepada pengguna," ungkap dia di sela-sela seminar EMC di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang, Senin, 8 Juni 2015.


Melalui EMC, lanjutnya, risiko penyakit kanker atau apapun pada ponsel tentu akan terhindari, begitu pula soal kesalahan atau gangguan ketika dokter sedang melakukan operasi kepada pasiennya.


Selain itu, industri penerbangan juga menjadi perhatian. Menurutnya, produk-produk penerbangan harus diuji kembali kandungan elektromagnetik.


"Seperti avionik pada penerbangan itu harus melewati pengujian elektromagnetik, sehingga kecelakaan pesawat akibat elektromagnetik bisa dihindari. Kita tidak tahu selama ini kecelakaan pesawat karena elektromagnetik. Tapi lebih baik kita cegah sebelum hal itu terjadi," tuturnya.


Diketahui, avionik merupakan peralatan elektronik penerbangan yang mencakup seluruh sistem elektronik yang dirancang untuk digunakan di pesawat terbang. Sistem ini dapat beroperasi sebagai komunikasi, navigasi, dan indikator manajemen dari keseluruhan sistem.


Harry menjelaskan, kenapa sekarang konsen pada pengujian elektromagnetik di industi otomotif. Sebab, industri ini merupakan salah satu yang sedang berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya kendaraan bermotor yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.


Semua produk dari berbagai industri dapat melalui pengujian elektromagnetik ini dengan memanggunakan hasil-hasil riset dari peneliti LIPI.


"Riset-riset ini sangat berharga bagi teknologi pengujian elektromagnetik di Indonesia. Itu yang baru kita lakukan untuk memanfaatkan hasil riset peneliti kita," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya