TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Pertama di Indonesia: Peta Digital Trayek Angkot

Para wisatawan dijamin tak tersasar dengan peta itu.
Pertama di Indonesia: Peta Digital Trayek Angkot
Wali Kota Bogor, Bima Arya (kiri), dalam acara peluncuran aplikasi peta digital trayek angkutan umum di kota itu pada Minggu, 7 Juni 2015.

VIVA.co.id - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, meluncurkan sebuah aplikasi peta digital yang memuat trayek angkutan kota (angkot) di kota itu. Aplikasi itu dibuat oleh calon pegawai negeri sipil di Badan Informasi Geospasial tahun 2014-2015.

Dikutip dari siaran pers Biro Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Bogor, aplikasi itu diklaim sebagai aplikasi peta digital pertama untuk trayek angkot di Indonesia.

Pemerintah Kota menyebut aplikasi itu dapat dimanfaatkan wisatawan yang memiliki rencana keliling Kota Bogor, dengan angkutan umum. Para wisatawan dijamin tak tersasar di Kota Bogor, kalau memanfaatkan panduan jalan dan angkot dalam peta digital itu.

Bentuk fisik peta ini ada dua. Pertama, buku saku yang memuat, antara lain, peta rute angkot per trayek. Para wisatawan dapat dengan mudah mengetahui jalan mana saja yang dilalui setiap angkot per trayek.

Informasi yang disajikan sangat informatif dan mudah dipahami. Buku saku itu pun dilengkapi jalur yang dilalui bus TransPakuan di tiga koridor.

Bentuk fisik kedua, adalah peta keseluruhan yang memuat seluruh trayek dari semua angkot.

Wisatawan dapat mengakses peta digital itu laman berikut ini: Angkotkotabogor.big.go.id. Kelebihan versi digital bisa memberikan informasi secara interaktif. Sebagai contoh, wisatawan bisa mengetik nama tempat sebagai titik awal untuk berangkat dan nama tempat sebagai tujuan. Lalu, peta digital trayek angkot akan memberikan informasi angkot mana saja yang melalui jalur itu.

“Saya tidak menyangka, tantangan yang saya lontarkan kepada CPNS dua bulan lalu kini jadi kenyataan. Saya bangga dengan CPNS Kota Bogor,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya, dalam acara peluncuran aplikasi itu pada Minggu 7 Juni 2015. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP