Fokus Global, Telkom Bangun Data Center di Singapura

Telkom bangun pusat data di Singapura
Sumber :
  • Telkom

VIVA.co.id - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui entitas anak usahanya, Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore) membangun Telin Singapore Data Center and Telecommunication Hub di Jurong, Singapura.

Pembangunan pusat data (data center) itu menegaskan fokus perusahaan milik negara itu untuk menyasar bisnis internasional, demikian keterangan tertulis Telkom yang diterima VIVA.co.id, Jumat 5 Juni 2015.

Telin Singapore Data Center and Communication Hub merupakan salah satu bentuk sinergi regional antara Indonesia dan Singapura. Hal ini ditandai dengan kepercayaan Pemerintah Singapura kepada Telin Singapore untuk membuka data center tersebut.

Bangun Data Center di Balikpapan, XL Terapkan Smart City

Data center yang dinamakan Telin-3 ini menjadi data center ketiga yang dimiliki dan dikelola oleh Telin Singapore setelah data center yang berada di Changi serta Tai Seng.

Telin Singapore, sebagai anak perusahaan Telin, melalui proses tender telah dipercaya oleh Pemerintah Singapura, yaitu Infocomm Development Authority of Singapore (iDA), Singapore Economic Development Board (EDB) dan Jurong Town Corporation (JTC) untuk membangun dan mengoperasikan data center di Jurong.

Data center tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 8,000 meter persegi dengan gross floor area seluas 20,000 meter persegi berupa gedung 5 lantai. Data center yang ditargetkan beroperasi pada triwulan ketiga 2016 tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Telin Singapore sebagai pusat strategis bagi Telkom Group yang menghubungkan Indonesia dengan belahan dunia lainnya.

Menurut riset sebuah perusahaan penelitian teknologi, TechNavio, pasar data center di Asia Tenggara diharapkan berkembang hingga Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (CAGR) mencapai 18,05 persen dari 2014 hingga 2019. Potensi itu didorong dengan meningkatnya kebutuhan untuk komputasi awan (cloud computing) dan analitik big data.

Layani secara global

Telin-3 dirancang untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan layanan data center premium. Tidak hanya di Singapura, namun juga untuk kawasan regional dan global market.

Data Center dan Cloud Telkomsigma Diakui Industri

Telin Singapore akan berperan penting dalam menyediakan layanan konektivitas telekomunikasi global yang dapat diandalkan, aman, dan stabil. Fasilitas ini dibangun untuk memenuhi desain multi-tier dan dapat beroperasi secara optimal.

“Telin-3 merupakan salah satu investasi kami di luar negeri yang sejalan dengan strategi pertumbuhan untuk memperkuat layanan kami dalam rangka menghubungkan mitra bisnis dan pelanggan dalam suatu digital supply chain,” kata CEO Telkom Group, Alex J Sinaga.

Alex menambahkan, aksi korporasi ini merupakan sebuah pengalaman dan kesempatan yang baik bagi Telkom Group dalam memulai pengembangan data center dan hub telekomunikasi, sehingga mampu mendorong pertumbuhan kreasi data dan ekosistem bisnis digital dalam industri ICT.

Sementara itu, Septika Noegraheni Widyasrini, CEO Telin Singapore, mengatakan, pembangunan Telin-3 menandai suatu langkah penting bagi Telin Singapore. Kerja sama pembangunan data center itu merupakan yang kedua dengan pemerintah dan entitas bisnis Negeri Singa itu.

"Telkom Group telah berinvestasi selama beberapa tahun belakangan ini untuk membangun dan memperoleh aset strategis, kini kami segera memiliki infrastruktur terbaru dengan selesainya pembangunan Telin-3,” ujar Septika.

Dengan pembangunan data center itu, tak membuat Telkom berhenti di pasar internasional.

Melalui Telin selaku anak usaha yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan dalam menjalankan bisnis internasional, Telkom telah hadir melalui footprint di sepuluh negara, salah satunya di Singapura.

Pembangunan data center ini diresmikan oleh pemerintah dari kedua negara yaitu Menteri BUMN Indonesia, Rini M. Soemarno dan Senior Minister of State (Trade and Industry), Lee Yi Shyan di Jurong, Singapura.

Turut hadir Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Andri Hadi, Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga, Direktur e-Business Kemkominfo, Azhar Hasyim, pejabat tinggi dari IDA/EDB Singapura, serta para mitra dan pelanggan Telin Singapore. (art)

Telkomsigma Klaim Punya 'Data Center' 100 Ribu Meter Persegi
Teknisi sedang mengecek setiap kabel.

Ini Dia 'Rumah' Nyata Dunia Internet

Ada pertukaran data yang sangat besar di sini.

img_title
VIVA.co.id
26 November 2015