Microsoft: Windows 10 Tersedia Gratis Mulai 29 Juli

Microsoft
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Microsoft akhirnya mengumumkan sistem operasi terbarunya, Windows 10 akan tersedia secara global mulai 29 Juli nanti.

Menariknya, dalam pengumumannya, Microsoft menyatakan Windows 10 bisa diunduh secara gratis bagi para pengguna setia Windows.

"Hari ini, Microsoft mengumumkan Windows 10 akan tersedia mulai 29 Juli di 190 pasar secara global, pembaruan gratis bagi pelanggan yang menjalankan Windows 7 dan Windows 8.1," ujar juru bicara Microsoft dalam konfirmasinya dikutip Trustedreviews.com, Senin 1 Juni 2015.

Juru bicara itu mengatakan, pembaharuan gratis itu akan membantu lebih dari empat juta orang di seluruh dunia.

"Windows 10 menandai mulainya era baru teknologi yang personal, dirancang untuk memberdayagunakan manusia untuk melakukan hal-hal hebat," ujar juru bicara tersebut.

Microsoft menegaskan, pelanggan akan diberikan kesempatan setahun dari 29 Juli untuk mengambil kesempatan pembaharuan gratis. Untuk bisa mengunduh gratis Windows 10 itu, pengguna harus memesan terlebih dahulu pada Windows 7 atau Windows 8.1.

6 Bulan, Windows 10 Sudah Aktif pada 200 Juta Perangkat

"Begitu perangkat Windows telah diperbaharui ke Windows 10, Microsoft akan menjaga dukungan bagi perangkat. Jadi, bagi yang ingin menjadi yang pertama untuk mendapatkan pembaharuan Windows 10 gratis, bisa memesan dalam beberapa pekan," kata Microsoft.

Sementara itu, laman PC World, menyebutkan pada 29 Juli nanti, yang tersedia yaitu versi Windows 10 Mobile. Dalam pengumumannya, Microsoft menyebutkan versi Windows 10 yang tersedia pada akhir Juli itu adalah untuk PC dan tablet.

Perusahaan asal Redmond, Washington Amerika Serikat itu tidak menunjukkan secara jelas pada 29 Juli itu apakah juga akan merilis Windows 10 Home dan Windows 10 Professional.

Dalam pengumumannya, pada Windows 10 itu, Microsoft akan mengembalikan ikon Start Menu.

Sebelumnya, Microsoft sudah mengumumkan Windows 10 akan tersedia dalam tujuh versi yaitu untuk edisi konsumer, Windows 10 akan tersedia dalam dua dalam dekstop dan mobile. Pada segmen ini, tersedia Windows 10 Home yang fokus untuk dekstop, PC, laptop, tablet, dan perangkat 2 in 1.

Edisi kedua yaitu Windows 10 Mobile, yang akan berjalan pada ponsel pintar dan tablet dengan layar kecil.

Untuk segmen perusahaan, Windows 10 tersedia dalam tiga edisi yaitu Windows 10 Pro, untuk perusahaan kecil kelas UKM dan Windows 10 Enterprise untuk perusahaan kategori besar. Selain itu, tersedia Windows 10 Mobile Enterprise, yang mengakomodasi kebutuhan edisi enterprise untuk perangkat tablet kecil dan ponsel pintar. (art)

Sistem operasi Windows di Microsoft Lumia

Lumia Kini Bisa Upgrade ke Windows 10

Microsoft memberikan panduan untuk upgrade.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2016