AS Bikin Program Internet untuk Warga Miskin

ilustrasi broadband internet
Sumber :
  • itpro.co,uk

VIVA.co.id - Regulator telekomunikasi Amerika Serikat mengungkapkan rencana untuk mensubsidi internet berkecepatan tinggi bagi kalangan rumah tangga miskin.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komunikasi Federal, Tom Wheeler. Badan komunikasi itu, kata Wheeler, telah mengajukan rencana untuk memeriksa program Lifeline, yang memberikan layanan telepon sampai akses online murah bagi masyarakat berpendapatan rendah.

"Akses pita lebar (broadband) adalah penting untuk mencari pekerjaan, lebih dari 80 persen pekerjaan di Fortune 500 (perusahaan besar dunia) dibuka secara online," ujat Wheeler dalam postingan di blog organisasi dikutip dari Economictimes, Jumat 29 Mei 2015.

Ia mengatakan gagasan itu juga didorong oleh para perusahaan yang makin membutuhkan calon karyawan yang memiliki keahlian literasi digital dasar.

Netflix Datang Menghibur, Tapi Indonesia Dapat Apa?

"Jadi kita tergantung pada pita lebar untuk mengelola dan menerima perawatan kesehatan, dan membantu anak kita mengerjakan pekerjaan rumah mereka," kata dia.

Tuntutan untuk memiliki kemampuan digital itu sayangnya berbenturan dengan kondisi penghasilan rumah tangga di negeri Paman Sam. Disebutkan hampir 30 persen orang Amerika, mayoritas berpenghasilan rendah. Mereka, kata Wheeler, masih lemah untuk mengakses layanan pita lebar.

"Sementara lebih dari 95 persen rumah tangga dengan pendapatan lebih dari US$150 ribu sudah (cukup) pita lebar, hanya 48 persen dari mereka yang membuat kurang dari US$25 ribu yang telah memiliki layanan pita lebar di rumah," ungkap dia.

Wheeler mengatakan hampir setengah dari rumah tangga berpenghasilan rendah di Amerika terpaksa harus membatalkan layanan ponsel pintar karena kesulitan keuangan.

"Dunia pita lebar 'kaya' dan 'miskin' adalah dunia yang mana tak satu pun dari kita akan memiliki kesempatan menikmati buah dari pita lebar yang ditawarkan," kata dia.

Namun ide internet untuk kaum miskin itu tampaknya akan menghadapi kendala. Disebutkan beberapa anggota parlemen mengeluhkan program internet murah yang dinamakan juga Obamaphone. (ren)

Danny Januar

Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu

Tiga desa itu akan dikawal oleh startup

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016