Lapan Jadi Tuan Rumah Workshop Antariksa Asia Pasifik

Gedung Lapan
Sumber :
  • geolocation.ws

VIVA.co.id - Indonesia mendapat giliran menjadi tuan rumah workshop keantariksaan bertajuk "The 1st Space Exploration and Kibo Utilization for Asia". Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) pun ditunjuk sebagai penyelenggaranya.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan negara anggota Forum Regional Badan Antariksa se-Asia Pasifik (APRSAF), yakni seperti Indonesia, Korea, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Jepang.

Workshop tersebut terkait pemanfaatan eksplorasi antariksa untuk keperluan penelitian di berbagai bidang, seperti pertanian, perekayasaan dan teknologi, biomedis, serta material maju.

Kepala Bagian Humas Lapan, Jasyanto, mengatakan, workshop ini hasil kerja sama Lapan dengan Badan Antariksa Jepang (JAXA). Tujuannya, kata dia, untuk mengajak peneliti dan akademisi seantero Asia dalam eksplorasi antariksa.

"Caranya dengan memanfaatkan fasilitas modul percobaan milik Jepang, yaitu Kibo, di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman para peneliti dan akademisi mengenai pentingnya penelitian atau eksperimen mikrogravitasi di luar angkasa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 Mei 2015.

Jasyanto mengungkapkan, sebelumnya Indonesia sempat berpartisipasi dalam program Kibo, yakni di bidang ilmu biologi dengan mengirimkan biji tomat. Pada saat itu, peneliti ingin melihat perbedaan karakter tumbuhan tersebut ketika berada di Bumi maupun di luar angkasa.

Hingga saat ini, penelitian di ISS yang sukses baru dilakukan Dennis R. Morrison melalui Microencapsulation Electronic Processing System (MEPS). Penelitian tersebut menghasilkan kemungkinan pasien kanker atau tumor bebas dari efek samping kemoterapi.

Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

Dengan penelitian itu, obat kanker atau tumor bisa ditempatkan secara spesifik pada bagian tubuh pasien yang terkena kanker atau tumor.

Diketahui, perhelatan workshop ini merupakan rangkaian agenda pertemuan APRSAF ke-22 yang akan diselenggarakan di Bali, pada Desember 2015. (art)

Satelit Proba-V

Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa

Ada 3 lokasi terkait pembangunan bandar antariksa.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016