XL Batal Garap Program Internet Gratis dengan Facebook?

Suasana di suatu pusat perbelanjaan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Daftar Tiga Desa Jadi Percobaan Internet Terpadu
- Operator seluler XL ternyata hingga kini masih belum menutup mimpinya mewujudkan program 'internet tanpa pulsa' yang sempat didengung-dengungkan beberapa waktu lalu. Diketahui, operator yang kental dengan kelir 'biru' itu disalip rivalnya, Indosat, yang telah menjalankan program tersebut bersama Facebook dan internet.org.

Netflix Datang Menghibur, Tapi Indonesia Dapat Apa?

Hal itu ditegaskan Chief Executive Officer (CEO) XL Axiata, Dian Siswarini, kepada
Demi Internet Merata, Menkominfo Tak Peduli Teknologinya
VIVA.co.id melalui video teleconference dari Jakarta dengan peserta XL Net Rally di Banjarmasin.


"Hingga kini kami masih melakukan komunikasi dan diskusi dengan pihak Facebook. Jadi, belum ada keputusan final terkait hal ini. Kami masih terus menjajaki agar ada kecocokkan di kedua belah pihak," kata Dian.


Dia mengakui, XL termasuk sebagai operator seluler yang menginisiasi terwujudnya program ini. Tetapi sejauh ini, kata dia, tidak banyak poin yang dapat dipetik dari rencana tersebut, dalam hal ini tentu keuntungan bagi XL.


Kendati demikian, jalur diskusi masih ditempuh, dan segala kemungkinan diisyaratkan XL selalu terbuka lebar-lebar. Soal kapan keputusan pasti, ia enggan menerka dan memastikan.


Ditanya mengenai protes atas Internet.org yang dianggap diskriminatif oleh sebagian organisasi, Dian mengatakan jika tidak ada yang salah dengan hal itu. Pasalnya, internet.org ingin membuat semua orang terhubung satu sama lain dengan internet tanpa harus dibebankan biaya akses.


"Internet gratis itu sebenarnya bertujuan mulia, dimana masyarakat dapat menikmati akses internet seluas-luasnya. Hal positif bagi pelanggan dan masyarakat. Tetapi hingga kini kami masih diskusi mendapat yang cocok. Kalau cocok kenapa enggak," lanjut Dian. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya