Google Perkenalkan Pesaing Flickr

Sumber :
  • REUTERS/Mark Blinch/Files

VIVA.co.id - Google merilis inovasi baru dalam layanan penyimpanan video dan foto kepada para penggunanya.

Dalam ajang konferensi pengembang Google I/O di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis 28 Mei 2015 waktu setempat, perusahaan internet itu memperkenalkan layanan Google Photo. Layanan ini akan menawarkan penyimpanan tak terbatas untuk semua foto hingga 16 MP dan video definisi tinggi 1080 piksel.

Google menyebutkan layanan ini akan tersedia sebagai aplikasi di Android, perangkat Apple serta versi web.

Google Photo dikatakan sebagai alternatif manajemen foto yang lain dari Google. Sebelumnya pada 2011, Google memiliki layanan manajemen foto, yaitu Google+, yang diposisikan sebagai pesaing Facebook.

Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh

"Telah ada kebangkitan dalam pemikiran untuk apa Google+," ujar Wakil Presiden Foto dan Stream Google, Bradley Horowitz dikutip Business Today, Jumat 29 Mei 2015.

Dengan kehadiran Google Photo, kata dia, layanan Google Plus tetap akan dipertahankan.

Horowitz memprediksi, Google Photo akan membebaskan orang dari keribetan mengelola gambar dan librari video.

Disebutkan Google Photo akan memanfaatkan teknologi dari Google Plus untuk secara otomatis menyortir gambar ke dalam pengelompokan konten berdasarkan kategori.

Kemampuan pencarian dalam Google Photo disebutkan menggunakan sumber daya pencarian pada Google. Dengan pencarian yang cerdas, pengguna bisa menemukan foto berdasarkan kategori dan tinggal sekali ketuk dan geser, maka pengguna akan bisa meilhat berbagai pilihan foto.

Tools lain yang muncul dalam Google Photo yakni akan menciptakan slideshow dan album yang dirangkai dengan musik.

Google Photo akan bersaing dengan layanan sejenis dari kompetitor lain. Seperti diketahui, Apple memiliki layanan foto yang menawarkan gratis penyimpanan hingga 5 GB dan kemudian membayar 99 sen per bulan untuk tambahaan 20 GB.

Sedanglan layanan foto besutan Yahoo, Flikr menawarkan penyimpanan gratis 1 TB, yang diperkirakan bisa menampung sekitar lima foto per hari untuk 60 tahun ke depan. (asp)

Peta Palestina dihilangkan di Google Maps.

Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps

Google tak pernah menuliskan Palestina di Maps.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016