Fisikawan Penemu Partikel Tuhan Lelang Hadiah Nobel

Fisikawan Leon Lederman
Sumber :
  • Vimeo

VIVA.co.id - Leon Lederman memenangkan hadiah Nobel Fisika pada 1988. Dia dianugerahi penghargaan tertinggi itu karena penemuannya terkait partikel atom. Dia juga orang pertama yang memperkenalkan istilah Partikel Tuhan.

Ilmuwan Ternama Hawking Terkena Penyakit Misterius

Sayangnya, hadiah bergengsi itu tak lagi berarti bagi fisikawan ini. Lederman pun memutuskan untuk melelang hadiah kepingan Nobel tersebut.

Dilansir melalui The Age, Kamis, 28 Mei 2015, medali itu dibuat dari emas 18 karat dan dibalut dengan emas 24 karat. Lederman melelangnya seharga US$325.000 atau sekitar Rp3,9 miliar. "Kepingan ini tidak terlalu banyak berguna, hanya menjadi pajangan di rumah saya selama 20 tahun ini," ujar fisikawan berusia 92 tahun itu.

Penggagas Bitcoin Diusulkan Terima Nobel

Lederman mendapatkan hadiah Nobel itu bersama koleganya, Melvin Schwartz dan Jack Steinberger. Pria yang telah mengabdi selama bertahun-tahun di Fermi National Accelerator Laboratory di Chicago ini juga pernah menulis buku bertajuk 'The God Particle: If the Univese Is the Answer, What Is the Question?'.

Lederan menemukan neutrino muon menggunakan akselerator partikel energi pada 1962. Partikel ini dipercaya berukuran 200 kali lebih kecil ketimbang sebuah elektron.

Lima Ilmuwan Ini Lakukan Penelitian Ekstrem

Menurut rumah lelang Nate D. Sanders, ini merupakan kepingan Nobel ke-10 yang dilelang oleh pemiliknya. Bahkan ini merupakan satu di antara dua hadiah Nobel yang dilelang saat pemiliknya masih hidup. Pada 2014, penemu struktur DNA yang mendapatkan Nobel pada 1962, James Watson, juga melelang kepingan Nobel miliknya senilai US$4,1 juta. Nobel tersebut dibeli oleh milyuner Rusia, Alisher Usmanov. Namun dia membeli hadiah Nobel itu untuk diberikan kembali pada Watson.

(mus)

Ivan Zelich

Remaja Ganteng Nan Jenius Ini Ubah Teori Matematika

Teorinya diberi nama Liang Zelich Theorum

img_title
VIVA.co.id
12 November 2015