Teori-teori yang Jelaskan Suara 'Sangkakala'

Ilustrasi: spekulasi planet saling bertabrakan saat kiamat.
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA.co.id - Sebuah fenomena misterius tengah menjadi perhatian dunia. Suara misterius membahana di langit mirip suara terompet.

Berhenti Cabut Uban dan Ketahui Keistimewaannya

Beberapa warga di Kanada hingga Australia serta sejumlah negara lain mendengar suara misterius mirip terompet tersebut. Suara itu pun ada yang mengaitkan dengan suara dari alien atau luar angkasa.

Beragam teori untuk menjelaskan fenomena aneh itu pun disampaikan beberapa pihak.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa 26 Mei 2015, pakar dari Universitas Oklahoma, Amerika Serikat, David Deming, sebelumnya telah menyadari adanya kemungkinan fenomena semacam itu.

Deming sebelumnya telah menulis tentang fenomena yang disebut The Hum. Istilah itu dimunculkan untuk menamakan suara misterius yang tak bisa dilacak, dan telah didengar pada lokasi tertentu di belahan dunia. Suara The Hum ini, tulis Deming, telah didengar oleh 2-10 persen populasi dunia.

Tiga Golongan yang Disalami Malaikat saat Hari Kiamat

Soal suara misterius yang mirip terompet, Deming berteori, kemungkinan suara itu berasal dari transmisi telepon dan pesawat terbang yang dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Militer AS itu diketahui tengah menguji sebuah komunikasi bawah laut. 

Sementara itu, Badan Antariksa Amerika Serikat menjelaskan kemungkinan adalah fenomena alami dari Bumi. NASA menyebutkan Bumi memiliki emisi radio alami.

NASA menyebutkan, salah satu yang menimbulkan suara emisi radio alami itu adalah petir.

Sementara itu, ahli gempa dari Southern Methodist University, Dallas, AS, Brian W Stump berteori bahwa gempa bisa menimbulkan suara yang dapat didengar.

Di luar teori tersebut, ada sejumlah teori lain yang hangat pada platform online menyusul munculnya suara misterius tersebut. Di antaranya yaitu:

Putaran lempeng tektonik

Dugaan ini menyebutkan bahwa akibat dari pergerakan lempeng menimbulkan suara. Lempeng tektonik merupakan potongan dari kerak Bumi dan mantel teratas Bumi.

Lempeng ini memiliki tebal 100 kilometer dan terdiri atas dua jenis bahan utama yaitu kerak samudera dan kerak benua.

Tekanan atmosfer

Tekanan ini didefinisikan sebagai kekuatan pada area tertentu yang memengaruhi permukaan melalui berat udara di atas permukaan. Kondisi itu menciptakan suara.

Suara kereta yang bolak-balik

Kebisingan suara dari kereta yang bolak-balik di atas rel jelas diduga menyebabkan suara misterius itu. Suara bising dimunculkan akibat reaksi dari rel dan kabel kereta yang terlalu panas.

Konstruksi

Suara dari pembangunan gedung pada area yang sama juga bisa menyebabkan suara yang sama pada daerah tertentu.

Senjata rahasia AS

Terapkan Hal ini agar Dapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Suara misterius itu dikaitkan dengan proyek senjata rahasia pemerintah AS. Kabar berembus, sebab militer AS tengah menguji senjata High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) yang digunakan untuk kepentingan pertahanan dan modifikasi cuaca.

Sementara itu, teori lain menyebutkan, suara terompet itu adalah tiupan sangkakala yang sudah dijelaskan dalam ajaran kitab suci kaum beragama. Bagi kaum beriman, suara tersebut diyakini sebagai tanda kiamat.

Berdoa.

Ini Orang yang Duduknya Dekat Nabi saat Hari Kiamat

Mereka akan mendapat tempat duduk di sebelah Nabi Muhammad SAW.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2016