Cara Unik Bos SpaceX Sekolahkan Anaknya

CEO SpaceX Elon Musk
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni/Files
VIVA.co.id
Bos SpaceX: Bangun Kota di Mars Bisa Saja
- Pendiri sekaligus pemimpin Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX), Elon Musk, mempunyai cara unik untuk mendidik anaknya. Alih-alih akan menyekolahkan ke sekolah umum, Musk malah mendirikan sekolah sendiri untuk kelima anaknya tersebut.

Bos Amazon: Selamat Datang di Klub, SpaceX!

Bos SpaceX itu melahirkan sebuah sekolah dasar dari hasil keringatnya sendiri. Sekolah itu ia dirikan khususnya untuk kelima anaknya dan juga bagi anak-anak dari karyawan yang bekerja di SpaceX. Sekolah tersebut bernama Ad Astra.
Akhirnya, Roket SpaceX Berhasil Mendarat Mulus


Pria yang memimpin banyak perusahaan teknologi itu, seperti Tesla Motor, SpaceX, SolarCity, dan Hyperloop ini, memegang teguh pepatah lama yang ia sangat percaya dalam pendidikan.


"Jika Anda menginginkan sesuatu dengan benar, lakukanlah sendiri," ungkap Musk menirukan pepatah lama tersebut, seperti yang diberitakan
The Verge,
Selasa, 26 Mei 2015.


Didirikannya Ad Astra ini, dikarenakan Musk tidak percaya dengan cara pendidikan yang dilakukan di sekolah umum, sebab sekolah reguler itu tidak mendidik yang sesuai dengan cara berpikirnya.


"Mereka tidak melakukan hal-hal yang saya pikir harus dilakukan. Saya pikir, lebih baik, mari kita lihat apa yang bisa dilakukan dengan menciptakan sekolah yang lebih baik," ujarnya.


Musk beralasan, sudah seharusnya sekolah itu mengajar siswa sesuai dengan bakat masing-masingnya, sehingga tidak tertinggal jauh dari tingkatannya. Selain itu, sudah sepatutnya, murid-murid diajarkan bagaimana cara menangani suatu masalah dan mencari solusi jalan keluarnya.


"Sangat penting untuk mengajarkan untuk memecahkan masalah. Katakanlah Anda mencoba untuk mengajar orang tentang bagaimana mesin bekerja, pendekatan tradisional akan mengatakan 'Kami akan mengajarkan tentang obeng dan alat-alatnya'. Itu cara yang sulit, sebaiknya seperti 'Inilah mesin, kita mesti pisahkan. Bagaimana kita pisahkan, yaitu gunakan obeng'," tutur Musk.


Saat ini, sekolah Ad Astra baru diisi oleh satu guru, yang mana guru itu ia sewa dari sekolah lain. Guru tersebut mengajar sekitar 14 murid sekolah dasar, dengan lima di antaranya anak Musk dan sisanya adalah anak-anak dari pegawai SpaceX. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya