CCTV Bisa Jadi Solusi Monitoring dan Sensing di Smart City

Kota Hangzhou di China
Sumber :
  • globaldatafest

VIVA.co.id - Masalah perkotaan terus menumpuk. Ini dipercaya akibat dari beban penduduk yang makin banyak. Tugas pemerintah adalah blusukan ke daam wilayah untuk monitoring dan sensing.

Ini yang Dibutuhkan untuk Kembangkan Kota Pintar

Ini hanya bisa dilakukan dengan cepat dan akurat, jika memanfaatkan teknologi teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengupayakan kota pintar.

Dengan perkembangan TIK, sensing dan monitoring kepala daerah bakal lebih baik bila memanfaatkan CCTV, kamera publik hingga perangkat pengenal pintar seperti kartu penduduk elektronik. Seperti yang telah dilakukan di sebuah kota pintar di Tiongkok, Hangzhou.

Dikatakan pihak Dahula Technology, dalam keterangannya di Jakarta, Senin 25 Mei 2015, kota dengan luas 16 ribu kilometer lebih itu membangun sistem pengawasan video lengkap untuk keamanan publik dan transportasi.

Kamera yang dibuat Dahua Technology ini mengamankan lebih dari 70 persen sistem lalu lintas di Hangzhou. Sistem video terhubung dan data video ditransmisikan dengan menggunakan Fiber Optic ke stasiun polisi setempat, dan dari pusat manajemen kota ke pusat manajemen provinsi.

Selain Bandung, Telkomsigma Siap Garap Smart City Lain

Mengumpulkan video lebih dari 3.000 kamera yang dipasang di persimpangan jalan, terowongan, pintu masuk metro, gerbang sekolah. dan lokasi publik lainnya yang memiliki intensitas tinggi.

Kamera yang digunakan memiliki resolusi tinggi dan bisa bekerja 24 jam non-stop. Tujuannya untuk pengawasan yang berkelanjutan, sehingga dapat lebih mengoptimalkan tenaga kerja polisi, memungkinkan sistem lalu lintas yang lebih efisien dan penanganan lebih cepat saat terjadi insiden. Bahkan, bisa juga dilakukan untuk melakukan monitoring secara online terhadap wilayah-wilayah yang kurang bisa terjangkau.

Kota lainnya yang menggunakan Solusi Smart City milik Dahua adalah Brasil, Ventanilla di Peru dan kota besar lainnya. Indonesia juga bisa memanfaatkan kecanggihan yang dimiliki perangkat buatan Dahua.

"Dahua Smart Security Technology diperuntukkan bagi proyek HRB (High Rise Building), Banking, Smart City Project, Mining, Transportation dan proyek lainnya, yang membutuhkan produk dengan ketahanan terhadap cuaca ekstrem, benturan keras, dan fitur-fitur yang mendukung proyek tersebut," ujar Debbie Du, Sales Manager Indonesia, Dahua Technology.

Di Indonesia, produk Dahua dipasarkan melalui jaringan distribusi PT Pasifik Teknologi Indonesia yang fokus melayani pangsa pasar korporat. q Smart Security Technology menjadi solusi pilihan bagi para SI (System Integrator) untuk memenuhi kebutuhan proyek yang semakin kompleks.

Solusi keamanan komprehensif yang diberikan Dahua adalah fasilitas CCTV, ATM DVR dengan fitur Text Inserter, Smart Lock, Access Control dan Intrusion Alarm yang terintegrasi dengan software CMS (Central Management System). Semuanya dapat dioperasikan dalam dalam satu software CMS (Central Management System), sehingga tidak rumit. (asp)

Panasonic Rilis Kamera CCTV Murah, Cuma Rp2 Juta-an
Fasilitas yang dirintis sejak masa Joko Widodo masih menjadi Gubernur DKI Jakarta tesebut telah mempermudah kinerja aparat Pemprov DKI Jakarta.

Minat Smart City Meningkat, Pemerintah Disarankan Investasi

Seringkali proyek smart city tak berjangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016