Apple dan BlackBerry Tunda Bangun Pabrik, Pemerintah Oke

Aplikasi BBM di perangkat Apple iPhone
Sumber :
  • blog.appszoom.com
VIVA.co.id
Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan
- Saat banyak produsen ponsel pintar global ramai berlomba membangun pabrik perakitan di Indonesia, dua vendor besar yaitu Apple dan BlackBerry, justru memutuskan menunda pembangunan fasilitas perakitan tersebut.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Direktur Industri Elektronika Telematika Kementerian Perindustrian, Ignasius Warsito, Senin 25 Mei 2015, mengungkapkan penundaan tersebut. Hebatnya, keputusan Apple dan BlackBerry itu tak akan mengancam posisi kedua produsen ponsel pintar global tersebut di Indonesia.
Apple Deletes WhatsApp from App Store in China


"Penundaan Apple dan BlackBerry itu untuk lima tahun ke depan," ungkap Warsito ditemui usai diskusi panel "Rencana Pita Lebar Indonesia" di Gedung Indosat, Jakarta.


Meski melakukan langkah mundur dalam mendukung ekosistem industri perangkat mobile di Tanah Air, Warsito mengatakan, Apple dan BlackBerry tetap bisa mengedarkan produknya di Indonesia. Kedua produk tak akan dilarang dijual.


Sikap pemerintah ini sangat berbanding terbalik dengan beberapa aturan yang telah dan akan dibuat. Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 82 Tahun 2012 tentang ketentuan impor telepon seluler disebutkan bahwa importir yang belum memiliki pabrik perakitan hingga akhir 2015, maka izin importir terdaftar akan dicabut.


Sementara itu, dalam waktu dekat, pemerintah juga akan mengesahkan aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel pintar berbasis 4G LTE.


Soal produsen yang membangun pabrik perakitan di Indonesia, Warsito mengatakan, sudah mulai banyak yang memastikan rencana tersebut. Di antaranya yaitu Samsung, Xiaomi, Huawei, OPPO, Smartfren-Haier, Lenovo, serta 10 produsen ponsel pintar lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya