Banyak Dihajar soal TKDN, Menkominfo: Saya Tak Peduli

Pabrik Evercoss di Semarang
Sumber :
  • VIVAnews/Dwi Royanto
VIVA.co.id
Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN
- Pemerintah sudah menyiapkan aturan komponen lokal dalam perangkat mobile 4 LTE. Kabarnya, banyak pihak yang merasa keberatan dengan aturan ini.

Pemerintah Nilai Industri Otomotif RI Semakin Ideal

Aturan penerapan kandungan lokal untuk smartphone LTE akan mulai diterapkan 1 Januari 2017. Terkait dengan penerapan komponen lokal, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan, sudah banyak menerima "serangan" menyusul aturan komponen lokal itu.
Dirut PLN Sebut Bangun PLTU Sulit Pakai TKDN


"Soal TKDN, saya sudah dihajar luas.
I don't care.
Selama teman-teman
(stakeholder)
mendukung ini," ujar Rudiantara dalam Rapat Kerja Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), di Gedung PT Indosat Tbk, Jakarta, Senin 25 Mei 2015.


Sebagai bentuk dukungan, ia mendesak kementerian lain yang terkait dengan aturan komponen lokal ini mau menandatangani surat edaran (SE) bersama. Tujuannya, agar aturan komponen lokal perangkat 4G memiliki penafsiran yang sama antarkementerian.


"Saya ingin Kemendag, Kemenperin, mau tanda tangani SE bersama. Saya enggak mau nanti tanda tangan aturan, terus nanti misalnya Kemendag bikin peraturan sendiri," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, pria kelahiran Bogor itu mengatakan jika instrumen TKDN bukan dalam upaya untuk membangun produk secara mandiri. Sebab, ia berpandangan, dengan melihat sumber daya industri dalam negeri, saat ini dirasa belum kuat.


"Kita tak akan pernah menang kalau fokus pada
hardware
. Yang kita kejar bukan
hardware
," ujarnya.


Rudiantara mengatakan, komunitas TIK di Indonesia seharusnya bermain dalam bidang yang bisa dipakai dalam penerapan
hardware
. Ia menunjukkan peluang pada banyaknya insinyur di Indonesia yang harus difokuskan membuat produk yang bisa dipakai oleh pembuat
hardware
.


"Desain (produk) diproduksi di sana (luar negeri). Seharusnya, kita kejar desain itu dari kita, maka bisa dapat royalti. Saya sudah bicara sama menperin, kita harus berbasis
brainware
," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya