Google Kembangkan Mainan Anak Jadi Mata-mata

Ilustrasi boneka teddy bear
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Kata Google Soal Hapus Palestina dari Maps
- Boneka bisa bicara atau mobil yang bisa digerakkan jarak jauh, semua tidak lagi tren di masa depan. Mainan anak di masa mendatang akan dilengkapi dengan smart sensor dan aplikasi mata-mata.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Google dikabarkan telah mendaftarkan paten atas model mainan anak seperti ini. Baik boneka Teddy maupun kelinci, suatu saat nanti akan bisa menjadi agen mata-mata orang tua untuk memonitor anak mereka di mana saja.
Brutal, Manajer Google Diperkosa Lalu Dibunuh


Dilansir
Daily Mail
, Senin 25 Mei 2015, dalam paten tersebut dikatakan jika Google akan membuat mainan yang selalu terkoneksi dengan Internet. Boneka ini bisa diatur secara remote, baik untuk menjaga rumah, mengunci pintu, mematikan dan menyalakan listrik atau perangkat rumah, merekam percakapan, dan lainnya.


Mainan canggih itu diciptakan oleh divisi riset dan pengembangan Google dan mampu menarik perhatian, khususnya para orang tua. Di dalamnya dilengkapi dengan mikrofon, pengeras suara dan kamera.


Selain bisa terkoneksi dengan internet, mainan ini juga dilengkapi dengan motor penggerak yang bisa mengubah ekspresi wajah mainan itu. Motor pengubah ekspresi itu bisa difungsikan dengan menggunakan suara.


"Untuk mengekspresikan ketertarikan, perangkat anthropomorphic ini bisa membuka matanya, mengangkat kepala dan fokus menatap pengguna," tulis paten Google itu.


Dalam paten tersebut digambarkan perangkat mengadopsi desain boneka Teddy atau robot. Namun dalam keterangannya, desain bisa saja berbeda, bisa menggunakan karakter naga atau alien.


"Dengan desin imut itu, anak-anak bisa menganggapnya sebagai hal yang menarik, bahkan orang dewasa akan bisa berinteraksi secara natural ketimbang menggunakan perangkat monitorng komputer yang kaku," keterangan dalam paten itu.


Sayangnya belum bisa dipastikan apakah Google akan memproduksi mainan ini secara masal. Namun begitu, ide pengembangan mainan terkoneksi internet bukanlah hal baru. Pada ajang Mobile World Congress lalu, Qualcomm pernah memamerkan boneka beruang Teddy sebagai perangkat "Rumah Masa Depan." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya