Survei: George W Bush Tokoh Paling Jahat di Dunia

Presiden George Walker Bush kala memimpin militer AS menyerang Irak pada 2003.
Sumber :
  • REUTERS/Kevin Lamarque

VIVA.co.id - Ilmuwan jenius, Albert Einstein ternyata cukup populer di seluruh dunia. Bahkan para mahasiswa menyebutnya sebagai tokoh pahlawan yang paling menginspirasi.

Dalam sebuah survei global yang dilakukan University of the Basque Country. Dalam survei itu, Einstein mengalahkan Bunda Theresa, Martin Luther King, sampai Yesus Kristus.

Ada tiga kategori yang ditentukan dalam survei tersebut, yakni 10 Pahlawan Terbaik di Dunia Sepanjang Sejarah, 10 Musuh Dunia dalam Sejarah Dunia, dan 40 Figur Popular dalam Sejarah.

Bursa Cawagub DKI: Elektabilitas Hidayat Nur Wahid Tertinggi

Survei ini melibatkan 7.000 mahasiswa dari 37 negara, termasuk Argentina, Pakistan, Korea Selatan, Italia dan Amerika.

Dilansir melalui Daily Mail, Kamis 21 Mei 2015, para mahasiswa itu, yang rata-rata berusia 23 tahun, diberi kesempatan untuk mengungkapkan opini terhadap 40 tokoh yang dikenal sepanjang sejarah.

Yang menarik, dari para tokoh yang ada di tiga kategori itu, mantan Presiden Amerika George W Bush menjadi tokoh yang paling tidak disukai.

Bush menguasai kategori dalam sejarah sebagai orang yang paling jahat di dunia. Bahkan posisinya berada di atas Adolf Hitler dan Osama bin Laden. Bush dinobatkan sebagai pemimpin dunia paling dibenci.

Tidak hanya itu, Bush juga mengalahkan Stalin, Mao dan Lenin sebagai figur yang paling dibenci dalam studi yang bertajuk 'Pahlawan dan Musuh Terbesar dalam Sejarah Dunia'.

Disebut Populer, Menteri Susi: Tidak Ada Untungnya

Dalam survei tersebut, mahasiswa diminta untuk memberikan penilaian dari skala satu sampai tujuh untuk menunjukkan kesan positif dan negatif dari tokoh yang dinilai.

Kebanyakan tokoh yang dianggap pahlawan adalah mereka yang berprofesi sebagai ilmuwan, penemu atau yang berkutat untuk kebebasan dan perkembangan zaman.

Mereka termasuk Mahatma Gandi, Isaac Newton, Buddha dan Abraham Lincoln. Sedangkan 10 musuh dunia di antaranya adalah Genghis Khan, Mao, Lenin dan Qin Shi Huang.

"Ada perbedaan cukup mendasar atas pandangan dunia terhadap musuh. Beberapa tokoh bisa dianggap negatif di salah satu negara, tapi bisa positif di bagian negara lain. Kasus ini terjadi pada pendapatan mahasiswa terhadap Osama bin Laden," ujar Dario Paez, dosen UPV/EHU, University of the Basque Country.

Dengan menggunakan teknik analisa yang disebut Latent Profile Analysis (LPA), ilmuwan mengidentifikasi beberapa karakter dari profil seluruh responden.

Pertama adalah responden yang 'idealis religius' dan 'idealis sekularis'. Mereka memiliki pandangan yang negatif terhadap Osama, Saddam dan Hitler.

LSI: Publik Dukung PAN Gabung Pemerintah

Kedua, responden yang 'religius idealis' dan 'politikal realis'. Mereka biasanya berpandangan positif terhadap pemimpin agama seperti Buddha dan Yesus. Kategori lain adalah responden yang 'Historical Indifferents', yang tidak memiliki penilaian terhadap siapapun, kecuali George W Bush yang tidak mereka sukai.

10 Tokoh Pahlawan Dunia
1. Albert Einstein
2. Mother Theresa
3. Mahatma Gandi
4. Martin Luther King
5. Isaac Newton
6. Jesus Christ
7. Nelson Mandela
8. Thomas Edison
9. Abraham Lincoln
10. Buddha

10 Tokoh Musuh Dunia
1. Adolf Hitler
2. Osama bin Laden
3. Saddam Hussein
4. George Bush Jr
5. Stalin
6. Mao
7. Lenin
8. Genghis Khan
9. Saladin
10. Qin Shi Huang

(ase)

Soal Gaji, Karyawan BCA Paling Puas Dibanding Tiga Bank BUMN

Jobplanet analisa kepuasan karyawan BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2016