Mobil Tanpa Sopir Google Segera Berkeliaran di Jalanan

Mobil prototipe Google yang bisa jalan sendiri.
Sumber :
  • www.wallstreetjournal.com
VIVA.co.id
Unik, Baterai Berenergi Vitamin
- Google tak sabar untuk memamerkan mobil tanpa sopir besutannya. Perusahaan teknologi dunia itu mengumumkan mobil otonomnya itu akan berkeliaran di jalanan California, Amerika Serikat pada musim panas tahun ini, antara Juni-September.

Teknologi Baru yang Bikin Telemarketer Tak Cerewet Lagi

Pengumuman itu disampaikan oleh Chris Urmson, Direktur Self Driving Car Project, Jumat, 15 Mei 2015 dalam blog resmi Google.
VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook


"Kini kami mengumumkan, tahapan berikut proyek yaitu beberapa purwarupa
(prototipe)
kendaraan yang telah kami ciptakan akan uji jalanan dan akan familiar di jalanan Mountain View, California," tulis Urmson, dalam keterangannya.


Urmson mengatakan purwarupa mobil otonom itu telah sukses menjalani uji coba pada fasilitas Google. Untuk itu, dia memastikan pada tahapan uji di jalanan umum itu, armada otonom Google itu tetap akan menggunakan software dan sensor yang sudah ada pada mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Lexus RX450h sebelumnya.


Dalam pengumumannya, Urmson juga menegaskan keberhasilan mobil otonom dalam uji coba selama ini. Diketahui mobil dengan kendali mandiri ini sudah menempuh 2,7 juta Km selama enam tahun uji coba dan hanya mengalami 11 insiden kecil.


Google mengatakan, dalam sepekan rata-rata mobil otonom mereka melaju 16 ribu Km.


"Purwarupa baru sudah punya banyak pengalaman, itu setara sekitar 75 tahun pengalaman berkendara orang dewasa AS," tulis Urmson.


Nantinya dalam uji coba di jalanan California, mobil mandiri itu akan melaju dengan kecepatan bersahabat, sekitar 40 Km per jam.


Urmson mengatakan dalam fase uji coba ini, di mobil akan dilengkapi beragam keselamatan berkendara, di antaranya roda kemudi yang bisa dilepas, pedal gas dan rem yang bisa diambil alih jika memang dibutuhkan.


"Kami melihat ke depan untuk belajar bagaimana masyarakat memandang dan berinteraksi dengan kendaraan, dan untuk mengungkap tantangan yang unik untuk kemudi mandiri sepenuhnya," jelas dia.



 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya