Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge Ternyata Dirakit di Bekasi

Mobile World Congress di Barcelona
Sumber :
  • REUTERS/Gustau Nacarino
VIVA.co.id
Pertama Kalinya, Penjualan Ponsel Pintar di China Anjlok
- Produsen smartphone Samsung mengaku beberapa ponsel produksinya sudah dirakit di Indonesia. Bahkan Galaxy S6 dan S6 Edge yang baru-baru ini diperkenalkan, ternyata dibuat di tanah air.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Disampaikan Vebbyna Kaunang selaku Marketing Director IM Business SEIN, meski kedua ponsel unggulannya dirakit di Indonesia, pihaknya tak ingin sesumbar bahwa baik S6 dan S6 Edge sudah termasuk ponsel
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
made in Indonesia.


"Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge dirakit di Indonesia. Kami tidak mau sesumbar terlalu besar, biarkan berjalan dulu," kata Vebby di Jakarta, Jumat, 8 Mei 2015.


Vebby mengemukakan alasannya kenapa Samsung tak langsung mempublikasikan bahwa S6 dan S6 Edge dirakit di Indonesia. Diungkapkannya, Samsung ingin konsumen lebih mengerti dulu mengenai 'daya magis' pada smartphone besutannya itu.


"Meski dirakit di Indonesia, soal kualitas tak ada bedanya karena tim yang mengerjakannya sama dengan ponsel produksinya yang ada di dunia," ungkap dia.


Mengenai lokasi perakitannya, Vebby mengatakan bahwa S6 dan S6 Edge dirakit di Cikarang, Bekasi. Lokasi produksi ini menjadi satu dengan barang-barang elektronik dari Samsung ini.


Sementara, terkait berapa persen komponen lokal yang diproduksi di Indonesia, Vebby mengaku bahwa dirinya tak berkompeten untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun ia memastikan bahwa baik S6 dan S6 Edge sudah sesuai dengan aturan pemerintah soal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).


"Pokoknya keduanya sudah sesuai TKDN yang diatur oleh pemerintah," ucap dia.


Diketahui, selain S6 dan S6 Edge, beberapa ponsel perusahaan asal Korea Selatan yang beredar di Indonesia ini, hampir semuanya diproduksi di Cikarang.


"Beberapa ponsel yang sebelumnya beredar di Indonesia juga dirakit di sini," ucapnya.


Saat peluncuran Samsung S6 dan S6 Edge pekan kemarin, produsen ponsel asal Korea Selatan itu membanderol smartphonenya masing-masing Rp9 jutaan dan Rp12 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya