Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Tak Lagi Bernyawa

Ilustrasi kuburan pemakaman kematian
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?
- Saat manusia menjadi mayat, tubuh tidak lagi memiliki jiwa. Seorang ilmuwan menjelaskan proses dekomposisi tubuh manusia yang telah menjadi mayat.

Begini Rupa Api Jenis Baru

"Ketika tubuh tidak lagi bernyawa, proses dekomposisi pun dimulai beberapa menit setelah kematian. Proses ini disebut dengan autolysis, atau pencernaan diri," kata dia.
Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan


Menurut ahli neurosains dan penulis buku
50 Human Brain Ideas You Really Need to Know
itu, sesaat setelah jantung berhenti berdetak, sel-sel tubuh kekurangan oksigen. Hal ini akan meningkatkan kadar keasaman dalam tubuh.


"Saat itu, produksi racun akibat reaksi kimia mulai terakumulasi di dalam tubuh. Enzime mulai mencerna sel membran dan kemudian bocor keluar seiring dengan kerusakan sel," ujar Costani, seperti dikutip dari
Daily Mail
, Kamis 7 Mei 2015.


Dijelaskan Costani, kebocoran sel biasanya dimulai dari organ hati yang kaya dengan enzim. Selain itu juga di otak, yang memiliki kandungan air tinggi. Akhirnya, semua jaringan dan organ tubuh mulai pecah satu per satu dengan cara yang sama.


Sel darah yang rusak mulai keluar dari rongga, dibantu oleh tarikan gravitasi. Lalu menetap di kapiler dan vena kecil. Warna kulit pun mulai berubah. Suhu tubuh juga terus menurun dan mulai menyesuaikan diri dengan sekitarnya.


Tubuh mulai mengalami kekakuan. Mulai dari otot kelopak mata, rahang dan leher, lalu seluruh tubuh.


Di masa hidup, tubuh manusia memiliki sel yang bisa menutup dan beristirahat karena aksi dari dua serabut protein, actin dan myosin. Keduanya saling bekerja sama. Namun saat tubuh tak bernyawa, sel-sel tersebut kehabisan sumber energi dan serabut protein mulai terkunci di tempatnya. Hal ini menyebabkan otot menjadi kaku dan sendi-sendi terkunci.


Dalam tahap ini, ekosistem dalam tubuh mayat sebagian besar terdiri dari bakteri yang hidup di dalam dan pada tubuh manusia semasa hidup. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya