Ramadan, Pengguna Facebook Aktif Malam Sampai Dini Hari

Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Bulan suci Ramadan tahun lalu ternyata mengubah pola akses pengguna terhadap media sosial. Setidaknya, para pengguna Facebook aktif sejak malam hingga dini hari.

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook

Dalam laporan pihak Facebook bertajuk 'Ramadan di Facebook Indonesia, sepanjang Ramadan tahun lalu, orang Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook mobile dari jam 9 malam hingga tengah malam. Bahkan setiap jam di malam hari terjadi peningkatan pengguna aktif.
VIDEO: Area 404, Laboratorium Terlarang untuk Bos Facebook


"Rata-rata, terjadi peningkatan 70 persen jumlah pengguna aktif setiap jam di Facebook menjelang tengah malam," ujar pihak Facebook Indonesia dalam keterangan resminya, Rabu, 6 Mei 2015.


Menurut data mereka, saat ini ada sekitar 37 juta orang Indonesia yang aktif menggunakan Facebook setiap hari. Dari angka tersebut, 33 juta di antaranya mengakses Facebook dari perangkat mobile.


Yang menarik, menurut Facebook, percakapan terkait Ramadan dan Lebaran tidak hanya terjadi saat bulan suci tersebut berlangsung melainkan sebulan sebelumnya.


"60 persen dari obrolan terkait busana dan fashion di Facebook, selama periode ini, berasal dari kalangan usia 18 sampai 24 tahun," kata mereka.


Dalam data lainnya, para pengguna Facebook juga kerap memosting perjalanan atau rencana perjalanan. Menurut Facebook, tujuan domestik paling populer di jejaring tersebut pada periode Ramadan, adalah Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Makassar, Semarang, dan Bogor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya