Google: Pencarian di Smartphone Kalahkan PC

Sumber :
  • REUTERS/Mark Blinch/Files

VIVA.co.id - Perusahaan iklan digital raksasa di dunia, Google, mengakui jika pola pencarian kini semakin berubah. Sejak 2007, lebih banyak pengguna yang melakukan pencarian melalui smartphone ketimbang dari PC desktop.

Menurut Google, dilansir Mail Online, Rabu, 6 Mei 2015, data ini tidak hanya berlaku di Amerika, tapi juga di belahan dunia lainnya. Dari total pencarian di Google, yang mencapai 100 miliar pencarian tiap bulan, lebih dari 50 persennya berasal dari smartphone.

Perubahan ini diakui Google terjadi sejak 2007. Itu merupakan waktu ketika Apple pertama kali merilis generasi awal iPhone. Dari situ, kemudian banyak vendor yang meluncurkan perangkat yang hampir mirip dan mempermudah pengguna untuk tetap terhubung dengan internet di mana pun berada.

Hal ini cukup menggoyahkan para produsen PC. Perusahaan teknologi seperti Microsoft pun, yang identik dengan produk desktop dan laptop, ikut terjun ke ranah mobile. Google sampai sekarang masih merajai pasar mobile, khususnya iklan digital berkat adanya sistem operasi Android.

"Masa depan industri mobile adalah sekarang. Pencarian di Google Search mencapai 100 miliar per bulan, banyak dari mereka yang berasal dari perangkat mobile," ujar penanggung jawab Adwords Google, Jerry Dischler.

Menurut dia, rata-rata harga iklan di Google semakin menurun dalam kurun tiga setengah tahun belakangan. Hal ini dikarenakan para pengiklan tidak mau membayar harga yang sama untuk iklan yang ditampilkan di layar kecil smartphone.

Sembilan Cara Ciptakan Bisnis yang Besar di Google

Namun begitu, kata Dischler, harga iklan mobile cukup meningkat dan akan terus naik, karena pengiklan semakin sadar banyak pengguna yang semakin terkoneksi dengan perangkat mobile.

Sayangnya, Dischler tidak memberikan angka spesifik, berapa miliar aktivitas pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile, dari total 100 miliar pencarian per bulan.

Berdasarkan data ini juga, sebelumnya Google mengumumkan telah memperbaiki algoritma mesin pencariannya, agar lebih ramah di perangkat mobile. Selain itu, Google telah memperkenalkan format iklan yang ditujukan agar bisa terlihat dengan jelas di platform mobile. (art)

Tujuh Trik Memaksimalkan Terjemahan dengan Google Translate

Bahasa gaul atau singkatan tidak akan bisa diterjemahkan.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2016