Ketua Mastel: PT Pos Kuat di Logistik, Potensi e-Commerce

Ilustrasi E-commerce
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Cara PT Pos Indonesia Bangkitkan E-Commerce di Indonesia
- Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Kristiono, mengungkapkan bahwa PT Pos Indonesia merambah ke industri e-commerce, maka salah satu perusahaan milik BUMN ini akan berpotensi pemain e-commerce yang cukup kuat.

PT Pos Indonesia Diminta Dukung e-Commerce

"Saya rasa e-commerce itu dari mana saja. Apalagi bisnis
Pemerintah Akui Sulit Jinakkan Industri e-Commerce
online tidak hanya soal
online
saja, melainkan juga berkaitan dengan
offline
," ujar Kristiono kepada
Viva.co.id
, Rabu, 6 Mei 2015.


Offline
yang dimaksud oleh Kristiono adalah pasokan logistik atau pengiriman barang. Menurutnya, PT Pos sudah memenuhi kriteria tersebut sehingga dapat mamasok pengiriman barang ke sejumlah daerah.


"Masalah
offline
, PT Pos ini kuat di logistiknya. Bisa kita lihat dari jumlah cabang dan punya kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Bila (merambah) ke bisnis e-commerce dia cukup berpotensi bagus," kata mantan Dirut Telkom ini.


Secara tidak langsung, ia pun menyarankan kepada PT Pos untuk membentuk anak perusahaan yang dapat mendukung industri e-commerce nantinya.


"(PT Pos) tidak masalah, bisa bikin
venture
baru, bentuk armada, dan
set up
," ucap dia.


Pandangan Kristianto ini sejalan dengan yang dipikirkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Beberapa waktu lalu, Rudiantara menyarankan PT Pos untuk reposisi ekosistem bisnis e-commerce.


"Itu kan ide reposisi PT Pos. Salah satu hal penting dalam e-commerce kan logistik," ujar pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya