Tata Ulang Frekuensi LTE Dilakukan Dini Hari Nanti

Telkomsel saat memasarkan layanan 4G LTE.
Sumber :
  • Vivanews/Agus

VIVA.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memulai tata ulang spektrum 1800 Mhz untuk 4G/LTE mulai hari ini, Senin 4 Mei 2015. Kick-off tata ulang dimulai di Maluku-Maluku Utara.

Ivan Cahya Permana, vice president Technology and System Telkomsel, Senin 4 Mei 2015, mengatakan bahwa meski tata ulang dimulai dari Maluku, namun Menkominfo Rudiantara berharap, tata ulang untuk wilayah tetangga Maluku bisa selesai sebelum Lebaran.

"Pak menteri minta untuk 1800 Mhz di Makassar itu selesai sebelum Lebaran," ujar Ivan, usai peluncuran program kompetisi aplikasi The NextDev di Jakarta Selatan.

Telkomsel, kata Ivan, juga memiliki agenda yang sama dengan keinginan Menkominfo. Makassar secara potensi memang dianggap sebagai pasar yang lebih baik dibanding Maluku.

"Maluku itu untuk pengguna LTE kurang dari 10 ribu," kata dia.

Ditambahkan, usai tata ulang di Maluku, nantinya akan dilanjutkan ke wilayah Indonesia Timur yang lain, yaitu Papua, Sulawesi-Kalimantan, baru kemudian menyasar Pulau Jawa.

Mengenai alasan fokus di Indonesia Timur dan pulau lain, Ivan mengatakan skema itu memang sudah dikondisikan. Ia mengatakan, jika eksekusi pertama kali dilakukan di Jakarta, akan berdampak secara luas.

"Kalau hajar Jakarta duluan, nanti nasional terganggu dan berefek pada ekonomi," katanya.

Ia juga mengatakan, sekitar tiga ribuan BTS Telkomsel di Jawa dan Sulawesi Utara, butuh pergantian sebagian perangkat. Untuk itu, Jawa menjadi lokasi terakhir untuk tata ulang.

"Di Jakarta itu ibarat grand final untuk perpindahan dari 900 ke 1800 Mhz. Di pulau lain itu ibarat penyisihan. Jakarta juga paling rumit. Makanya, kenapa dijadwalkan akhir November (tata ulangnya)," jelasnya.

Untuk proses tata ulang 1800 Mhz di Maluku yang dimulai dini hari nanti, Telkomsel mengaku sudah mengantisipasi potensi gangguan. Dari segi teknis, Telkomsel yakin tak ada problem gangguan yang merugikan pelanggannya.

"Kami tutup satu dua blok untuk sementara. Kami jamin tak ada gangguan yang signifikan, karena proses perpindahannya hanya sebentar," kata Ivan.

Proses tata ulang di setiap cluster memang diperkirakan memakan waktu masing-masing selama sepekan. Namun, untuk perpindahannya akan dilakukan dini hari, di mana lalu lintasnya trafik tidak terlalu sibuk. Selain itu, perpindahannya pun tidak memakan waktu sampai berjam-jam.

Telkomsel Klaim Layanan Digital Tumbuh 39 Persen

Nantinya, pelanggan yang terdampak hanya mereka yang memiliki handset hanya berada di jaringan 900 MHz, bukan para pengguna smartphone dengan multijaringan. Sebab, saat refarming dilakukan, jika ponsel memiliki multi jaringan, akan otomatis berpindah menggunakan jaringan selain 900 MHz.

"Kebanyakan ponsel yang berada di jaringan 900 Mhz itu adalah ponsel fitur, atau yang hanya memiliki fungsi suara dan sms. Untuk pengguna smartphone, aman dari gangguan," ujarnya.

Telkomsel Perluas Layanan 4G LTE Hingga Jabodetabek

Diharapkan, tata ulang spektrum ini bisa selesai secara nasional dalam enam bulan ke depan. Akhir tahun ini, layanan 4G LTE pada spektrum 1800 Mhz bisa dikomersilkan. (asp)

 General Manager Sales Regional Central Jabotabek Telkomsel, Heru Sukendro di Thanmrin City.

Cara Telkomsel Tingkatkan 4G LTE di Thamrin City

Telkomsel kerahkan dua BTS makro.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016