Google Doodle Rayakan Ultah Penemu Piano

Animasi Bartolomeo Cristofori di Google Doodle
Sumber :
  • google doodle
VIVA.co.id
Mengenal Perintis Antena Radio dan Televisi
- Mesin pencarian Google hari ini menampilkan ilustrasi Bartolomeo Cristofori. Penemu piano asal Italia ini lahir pada 4 Mei 1655.

Sambut Tahun Baru, Google Bikin Animasi Burung dan Telur

Pria yang ahli membuat instrumen musik ini dipercaya mulai mengerjakan cikal baka piano sejak 1690. Piano pertama buatan Cristofori dipublikasikan pada 1709.
Rayakan Hari Ibu, Google Tampilkan Animasi Unik


Dilansir melalui
The Independent
, Senin 4 Mei 2015, Cristofori awalnya dipekerjakan oleh Pangeran Ferdinando de Medici, anak dari Duke of Tuscany, untuk membuat instrumen bernama harpsichord dan clavichord. Kedua instrumen ini yang dianggap sebagai bagian dasar pembuatan piano.


Dalam sebuah harpsichord, tali yang digunakan dipetik sehingga tidak mungkin untuk memainkan nada renda dan tinggi. Cristofori membuat desain mekanisme yang mentransfer tekanan untuk ditempatkan pada kunci ke ketukan yang menekan tali tersebut. Temuan ini disebutnya sebagai 'gravecembalo col piano e forte'.


Istilah itu berarti clavichord yang lembut dan keras. Nama itu kemudian dipersingkat menjadi 'pianoforte' lalu lama kelamaan menjadi 'piano' saja.


Meski banyak instrumen musik yang berupaya untuk memecahkan masalah sama yang dihadapi dengan harpsichord, temuan Cristofori ini diklaim sebagai piano pertama yang pernah ada.


Sayangnya, saat pertama ditemukan, piano susah untuk dimainkan sehingga tidak terlalu popular di jamannya.


Cristofori meninggal tanpa mengetahui bahwa temuannya itu cukup popular kemudian hari, setidaknya pada 1731, ketika lembar musik untuk piano pertama kali muncul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya