Hubungkan Sulut-Sultim, Telkom Bentang 345 Km Serat Optik

Telkom Indonesia.
Sumber :

VIVA.co.id - Guna mewujudkan pembangunan infrastruktur Indonesia Digital Network, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berencana menghubungkan Sulawesi Timur dan Sulawesi Utara dengan kabel optik sepanjang 345 kilometer.

Modus Tak Biasa Pencurian Kabel Telkom Rp6,3 Miliar

Dari rilis yang diterima VIVA.co.id, Minggu 3 Mei 2015, pembangunan jaringan kabel optik bawah laut yang diberi nama Luwuk Tutuyan Cable System (LTCS) ini dilaksanakan oleh PT Sarana Global Indonesia, dan direncanakan rampung pada pertengahan Juni 2015.

“Pembangunan Luwuk Tutuyan Cable System ini merupakan bagian dari Indonesia Digital Network, di mana Telkom ingin menghubungkan seluruh Indonesia dengan jaringan infrastruktur serat kabel optik,” ungkap Direktur Network IT & Solution Telkom, Abdus Somad Arief.

Serius Jadi Hub Global, Telkom Akuisisi Operator Guam

Ia menambahkan, dengan pembangunan kabel optik ini, diharapkan jaringan komunikasi berjalan lebih lancar, dan membantu masyarakat untuk melakukan komunikasi secara cepat.

“Telkom akan mengupayakan seluruh pembangunan jaringan optik selesai tepat waktu, sehingga pada tahun 2015 ini, akses jaringan komunikasi sudah berjalan lebih baik,” jelasnya.

Telkom Optimistis Jadi Hub Broadband Internasional di 2017

Telkom memang tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur melalui Indonesia Digital Network. Hingga saat ini, mereka telah membangun infrastruktur kabel serat optik sepanjang 76.700 km, dari Aceh hingga Papua, termasuk Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS), yang direncanakan akan diresmikan pada awal Mei 2015.

“Proyek SMPCS kami pastikan tuntas dan beroperasi Mei ini. Dari situ, layanan Triple Play IndiHome bisa langsung digelar di Kawasan Timur Indonesia (KTI),” tambah Arief.

Kabel komunikasi bawah laut

Perizinan Berbelit, Investor Jaringan Kabel Laut Hengkang

Investasi mereka pindah ke negara tetangga.

img_title
VIVA.co.id
18 November 2015