Siswa SD Buat Inovasi Energi Listrik dari Jus Belimbing

Ilustrasi belimbing
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024
- Muhammad Azkar Habibullah, siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Prambanan Klaten Jawa Tengah, berhasil membuat inovasi energi listrik alternatif dari sebuah jus belimbing. Meski sederhana, namun upayanya untuk menciptakan listrik terlihat berhasil.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Dalam praktiknya, Azkar hanya menggunakan peralatan sederhana. Yakni satu gelas kosong berisi tanah, jus belimbing wuluh serta lempeng tembaga dan seng.
Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya


"Nanti tanah yang ada di dalam gelas diisi dengan jus belimbing wuluh. Baru kemudian dimasukkan lempengan tembaga dan seng yang kemudian dihubungkan satu persatu. Barulah keluar listriknya," ujar siswa SDIT Salsabila Baiturrahman tersebut di hadapan dewan juri Klaten Science Festival, Kamis, 30 April 2015.


Tak kalah menarik, inovasi berikutnya juga berhasil dibuat oleh Febrian Lusi Herawati. SIswo kelas V SDN 1 Gemampir Karangnongko Klaten ini berhasil membuat alat peraga hidrolik yang menggunakan energi air.


Melalui alat suntik dan selang kecil, air tersebut mampu mengangkat miniatur alat berat mirip backhoe yang terbuat dari limbah sendok es krim.


Bekerja dengan menggerakkan beberapa suntikan, tekanan air yang disalurkan melalui selang kecil pun mampu mengangkat beban.


"Ini cuma peraga saja. Saya cuma mencontohknnya dengan menggunakan barang bekas. Barangkali nanti bisa dibuat dengan alat yang lebih canggih," ujar Lusi.


Sementara Kasi SD Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Suroyo, mengaku mengapresiasi inovasi teknologi yang dibuat sejumlah siswa SD tersebut.


"Anak-anak ini sangat hebat. Sedari dini mereka sudah bisa menulis dan meneliti. Bisa dibayangkan betapa banyak yang bisa dipelajari anak-anak ini," ujar Suroyo.



Salahuddin/Jawa Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya