Aplikasi Oculus Bisa 'Bangkitkan' Orang Mati

Oculus Rift
Sumber :
  • Forbes
VIVA.co.id
Ini Smartphone Berteknologi Virtual Reality Pertama di Dunia
- Oculus bisa jadi merupakan perangkar VR yang paling agresif dan melibatkan banyak pengembang. Salah satu pengembang dikabarkan telah mengembangkan aplikasi VR yang digadang akan sangat bermanfaat, yakni menghidupkan orang yang sudah mati.

Virtual Reality Bakal Merevolusi Industri Porno

Aplikasi yang bernama Project Elysium itu diklaim bisa menciptakan 'pengalaman nyata bersama orang tersayang yang sudah meninggal'. Teknologi yang masih dalam tahap pengembangan itu dibuat dengan memasukkan memori dan personaliti seseorang lewat komputer. Almarhum akan bisa hidup kembali dalam wujud virtual.
Akhirnya Perangkat Oculus Rift Bisa Dipesan


Sayangnya, Paranormal Games, pengembang aplikasi tersebut, yang berbasis di Australia, tidak memberikan detail bagaimana teknologi itu bekerja. Namun, berdasarkan postingan di akun Twitter mereka, sebuah gambar skrinsut memperlihatkan bagaimana seseorang ditransformasikan ke dalam bentuk tiga dimensi.


"Membuat versi virtual dari teman dan partner terbaik saya, Nick ke dalam Project Elysium. Demo pertama ini akan sangat personal bagi Nick," tulis Paranormal Games dalam tweetnya, seperti dilansir dari
Daily Mail
, Senin 27 April 2015.


Analis ilmuwan dari University of Southern California mengatakan jika para pengguna yang ingin memakai aplikasi ini harus mengirimkan terlebih dahulu gambar dan video dari seseorang yang akan divirtualkan. Dari gambar dan video inilah maka pengalaman virtual bisa tercipta seolah nyata. Sebagai data tambahan, pengembang harus menggali lebih dalam lagi untuk bisa membangun kepribadian seseorang, berikut perilaku dan tindakannya.


"Semua harusnya didapatkan melalui pemindaian tubuh secara lengkap untuk bisa membuat replika virtual yang sempurna, termasuk adanya penyakit di dalam tubuh. Ini bisa tercipta lewat program realitas virtual menggunakan headset Oculus Rift. Di sisi lain, efek sampingnya adalah kesehatan mental dari penggunanya," ujar Dr. Albert Rizzo, yang juga menjabat sebagai Director of Medical Virtual Reality di universitas itu.


Menurut Rizzo, sebagian menilai jika pengguna bisa nyaman dan mengakhiri duka mereka. Namun, sebagian lagi menilai jika ini akan mencegah seseorang untuk lepas dari trauma.


Perangkat realitas virtual (VR) telah berhasil dikembangkan. Namun, VR dirasa tidak akan berguna jika tidak didukung oleh aplikasi yang canggih dan bermanfaat bagi penggunanya.


Project Elysium saat ini telah diikutsertakan dalam kontes Oculus VR Jam 2015. Kontes ini berlangsung sampai akhir April 2015 memperebutkan hadiah utama sebesar US$100.000, pemenang lainnya berturut-turut mendapatkan US$50.000, US$30.000 dan US$10.000. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya