Pesawat Solar Impulse 2 Mendarat Mulus di Nanjing

Solar Impulse 2 Tiba di Muscat
Sumber :
  • REUTERS/Jean Revillard/Handout via Reuters
VIVA.co.id
Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya
- Pesawat bertenaga surya, Solar Impulse 2 telah menyelesaikan misi terbang keenam dengan lancar. Pesawat yang menjalankan misi keliling dunia itu telah mendarat di Nanjing, Tiongkok dengan selamat setelah lepas landas dari Chongqing, sebuah kota di barat daya Tiongkok, Sealsa 21 April 2015.

Pecahkan Rekor, Baterai Pesawat Solar Impulse 2 Jadi Tumbal

Perjalanan sejauh 1190 Km itu ditempuh lebih dari 15 jam. Menurut laporan Daily Mail, Rabu 22 April 2015, pesawat Swedia itu mendarat mulus di Nanjing, kota timur laut di Tiongok pada pukul 23.30 waktu setempat.

"Penerbangan hari ini seperti sebuah keajaiban, karena cuaca kemarin buruk dan akan buruk juga besok," tulis pilot pesawat, Bertrand Piccard dalam akun Twitternya.

Ia bersyukur pesawat bisa mendarat di Nanjing dengan aman. Melalui Twitternya, Piccard mengakui penerbangan antara Chongqing ke Nanjing adalah penerbangan yang lebih sulit.

Menariknya selama terbang menuju Nanjing, Piccard menyempatkan berfoto selfie dengan tongsis.

Sesuai jadwal, usai mendarat di Nanjing, pesawat Solar Impulse 2 akan bertahan selama 10 hari. Waktu istirahat itu dimanfaatkan untuk persiapan penerbangan ketujuh yang sangat berat, melintasi Samudera Pasifik untuk menuju Hawaii, AS.

Untuk melalui tahapan berat itu, pesawat akan terbang selama lima hari lima malam tanpa berhenti. Untuk itu kondisi pesawat harus dicek dan dipastikan prima.

Solar Impulse 2 Lalui Setengah Penerbangan Menuju Hawaii



Sebab jika tidak, tim sudah menyiapkan skenario terburuk. Misalnya ada sesuatu terjadi pada pesawat, tim sudah mempersiapkanya. Pilot telah dilatih untuk bisa bertahan di samudera dan menunggu tim penyelamat datang.



Sebelumnya, pesawat Solar Impulse 2 tertahan di Chongqing selama tiga pekan akibat cuaca buruk.


Solar Impulse 2 sebelumnya pertama kali terbang dari Abu Dhabi (Uni Emirat Arab) menuju Muscat (Oman), Ahmedabad (India), Varanasi (India), Mandalay (Myanmar), dan terakhir mendarat di Chongqing (Tiongkok).


Rute selanjutnya yaitu menuju Nanjing (Tiongkok), Hawaii (AS), Phoenix (AS), Midwest (AS), New York (AS), kemudian melintasi Samudera Atlantik menuju Eropa Selatan atau Afrika Utara dan kembali lagi ke Abu Dhabi.


Misi keliling dunia pesawat bertenaga surya itu diperkirakan akan menempuh tota 500 jam penerbangan dan akan menempuh 35 ribu Km. Total waktu yang dijawalkan untuk mengelilingi ini lebih dari lima bulan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya