Tongsis Ternyata Sudah Ada Sejak 30 Tahun Lalu

Penemu tongsis 1980an, Hiroshi Ueda
Sumber :
  • Daily mail/ Hiroshi Ueda

VIVA.co.id - Tren penggunaan tongkat narsis (tongsis) memang baru mendunia beberapa tahun belakangan. Namun ternyata tongkat untuk membantu penggemar selfie ini sebetulnya telah ditemukan sejak 1983.

Seorang fotografer asal Jepang, bernama Hiroshi Ueda, mengklaim sebagai yang pertama menemukan tongkat narsis itu 30 tahun lalu. Pada era 1980an, Ueda memang sudah bekerja sebagai fotografer. Dia juga tercatat sebagai teknisi foto di perusahaan kamera, Minolta.

Dia mengaku mendapatkan ide itu setelah mengalami kesulitan mengambil gambar dia dan istrinya dalam satu frame. Apalagi warga yang mereka temui saat berwisata ke Eropa, enggan untuk membantu memfoto. Kemudian, nasib nahas menimpanya. Kameranya dicuri seorang anak di Museum Louvre, Paris, yang berpura-pura mau membantunya mengambilkan foto. Ia pun kesal dan mulai mencari cara untuk mempermudah mengambil foto tanpa bantuan orang lain.

Kemudian ia mendesain sebuah tongkat tambahan yang bisa diperpanjang dan perpendek. Bedanya, alat pengapit kamera di bagian atas dibuat sesuai dengan desain kamera kompak yang sedang nge-tren kala itu, bukan untuk ukuran smartphone.

Tahun 1980an memang tidak ada kamera depan. Oleh karena itu ia membuat sebuah cermin tambahan di depan kamera sehingga dia bisa membidik posisi yang tepat.

Sayangnya, meski telah dipatenkan pada 1983, tongkat bernama 'extender stick' itu gagal menuai sukses. Kesalahan bukan pada desain tongkat melainkan karena teknologi kamera jaman itu tidak terlalu tinggi. Bahkan kualitas gambarnya pun masih belum bagus seperti sekarang. Meski begitu, Ueda senang mengumpulkan hasil foto selfie keluarga yang diambil menggunakan tongkat tersebut.

"Filosofi di balik itu adalah, saya tidak butuh bantuan orang lain untuk mengambil foto. Saya bisa mengambil foto diri saya di mana saja dan kapan saja," ujar Ueda, dikutip dari BBC, Selasa 21 April 2015.

Paten milik Ueda telah habis masanya pada 2003, bahkan ia tidak pernah mendapatkan keuntungan secuilpun dari paten itu. Penemu asal Kanada, Wayne Fromm juga pernah menemukan tongkat narsis bernama Quick Pod pada tahun 2000.

"Ide tongkat tambahan itu memang datang terlalu cepat. Saya telah menemukan lebih dari 300 ide. Ini hanya salah satu dari sekian banyak ide yang saya miliki. Saya menyebutnya 'penemuan jam 3 pagi' karena datang terlalu cepat," ujar Ueda.

Selfie di Sini, Siap-siap Dikenakan Denda Rp3 Juta

Namun bukti lain menunjukkan jika tongkat selfie sejatinya telah ada sejak 1800. Direktur Jenderal The Royal Photographic Society, Michael Pritchard mengaku menemukan foto selfie yang diambil pada tahun 1840.

Oppo F1s

Oppo Luncurkan F1s, Andalkan Sidik Jari dan Kamera Selfie

F1s dihadirkan untuk meneruskan kesuksesan seri F1.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016