Redmi 2, MIUI 6 di Jaringan 4G LTE

Xiaomi Redmi 2
Sumber :
  • Viva.co.id/Agus

VIVA.co.id - Tepat di awal bulan April ini, Xiaomi resmi mendaratkan dua produk beda varian ke Indonesia, yaitu kategori smartphone Redmi 2 dan Mi Pad untuk kelas tablet. Dua produk ini menjadi lini terdepan yang ditawarkan Xiaomi kepada masyarakat Indonesia di 2015.

'Adik kandung' dari Redmi 1S ini memiliki perbedaan yang tidak terlalu kentara. Desainnya tetap minimalis. Speaker depan yang berada tepat menyentuh garis atas ponsel, kini lebih menjorok ke tengah tapi tetap di atas bagian layar ponsel. Lalu, lampu flash yang berada di tampilan belakang ponsel sekarang sejajar lebih sejajar dengan kamera utama dan speaker belakang.

Selain itu juga, port USB yang sebelumnya ada di tengah bagian bawah, kini bergeser lebih ke arah samping kanan. Meski ada perbedaan, sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam pergeseran port USB tersebut.

Redmi 2 memiliki dua warna berbeda dari tampilan depan dan belakang. Di depan mempunyai warna hitam, sementara di belakang berwarna putih, namun tampilan warna belakang ini bisa diganti sesuai yang diinginkan oleh penggunanya. Untuk bahannya sendiri, Xiaomi menawarkan bahan matte pada Redmi 2, sehingga nyaman ketika digenggam.

Secara keseluruhan, ponsel pintar buatan vendor Tiongkok ini mempunyai dimensi 134 x 67,2 x 9,4 milimeter dengan bobot hanya 133 gram. Cukup ringan untuk ukuran umum smartphone.

Dari layarnya, Redmi 2 masih setia mengusung bentang layar 4,7 inci IPS dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel dan kerapatan 312 ppi. Saat digunakan, layar Redmi 2 ini terasa lebih tajam dan jernih tampilannya.

Xiaomi Bangun Gerai Penjualan Bareng Erajaya

Bahkan, bila dibandingkan dengan Redmi 1S, warna yang muncul pun masih terlihat jelas apabila digunakan di bawah sinar matajari. Menariknya, pada layar ini, Redmi sudah mempunyai kualitas AGC Dragontrail Glass untuk memastikan tidak akan ada goresan meski ponsel terkena benda tajam.

MIUI 6

MIUI merupakan sebuah perangkat lunak antarmuka yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi. Keberadaan MIUI seakan sudah menjadi ciri khas pada smartphone Xiaomi untuk membedakannya dengan ponsel lain.

Smartphone keluarga Redmi ini menjadi pertama yang sudah dilengkapi dengan MIUI 6. Hasilnya, grafis antarmuka terlihat lebih tinggi, ketimbang MIUI 5 yang dimiliki oleh Redmi 1S. Namun, sayangnya itu cukup berpengaruh pada multitasking. Untuk berpindah secara cepat, Redmi 2 terasa kurang gesit.

Meski demikian, tampilan antarmuka berkat keberadaan MIUI 6 ini pada Redmi 2, membuat ponsel ini semakin terlihat eye-catching untuk pandang. Transisi antar layar semakin halus ketika akan berpindah.

Kamera


Redmi 2 dibekali kamera utama atau belakang delapan megapiksel dan kamera sekunder atau sekunder dua mega piksel.

Di kamera utama, Redmi 2 dapat menangkap gambar dengan sebesar 3264 x 2448 piksel. Sudah didukung autofokus, LED flash, Geo-tagging, dan mempunyai bukaan lensa sebesar f/2.2. Sedangkan di kamera depan, Xiaomi telah meningkatkan performa dari kakaknya dengan reolusi dua megapiksel.

Berdasarkan pengalaman menggunakan Redmi 2, foto yang dihasilkan cukup memuaskan, mampu menyesuaikan warna dari bidikan kamera ponselnya. Pengguna dapat memanfaatkan fitur HDR, bila ingin menghasilkan foto yang lebih memuaskan. Untuk menggunakan filter, Redmi 2 memiliki 12 filter, yaitu Mono, Jelas, Klasik, Pudar, Mata Ikan, Mosaik, Fajar, Jepang, Autumn, Indigo, Normal, dan Cermin.

Terlebih, bagi yang gemar ber-selfie atau wefie, Redmi 2 menjadi rekomendasi untuk segera dimiliki. Kamera depan ponsel ini, sudah dilengkapi sebuah fitur beauty-mode generasi kedua, sehingga foto yang tampak semakin cantik.

Untuk video, Redmi 2 bisa merekam video berkualitas Full HD 1080p. Uniknya, saat menggunakan kamera video terdapat fitur 'gerak cepat', fitur tersebut dikhususkan untuk menangkap obyek yang bergerak.

Untuk melihat hasil foto tersebut, pengguna dapat menikmatinya pada folder Galeri. Untuk mempermudah, Xiaomi memberikan informasi detail tentang foto kepada pemiliknya. Bila sebelumnya, pada Redmi 1S pengguna harus menekan ,fitur 'Lainnya' lalu pilih 'Rincian', sekarang di Redmi 2 ini, pengguna hanya perlu menekan fitur di atas sebelah kanan maka akan langsung muncul informasi foto yang dituju.

Dual SIM 4G

Dual SIM 4G, mungkin ini yang patut diapreasi kepada Xiaomi. Pasalnya, Xiaomi memberanikan diri menghadirkan smartphone Dual SIM yang dapat mendukung teknologi jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) secara bersamaan. Seperti diketahui, belum ada vendor yang demikian, hanya mampu mengaktifkan satu kartu SIM 4G dari dua slot yang tersedia.

Namun, disayangkan untuk menggunakan jaringan generasi keempat tersebut, pengguna Redmi 2 harus bersabar dahulu. Dikarenakan, pemerintah Indonesia baru menggelar 4G LTE di 900 MHz. Sedangkan, Redmi 2 ini hanya mendukung Frequency Division Duplex (FDD) LTE di 1.800 dan 2.300 MHz.

Sementara, saat ini pada spektrum di 1.800 MHz menuju tahap tata ulang (refarming). Rencananya, penataan itu rampung akhir November 2015 dan Desember memungkinkan digelar layanan 4G di 1.800 MHz.

Meski digelar akhir tahun, ada beberapa operator yang sudah melakukan trial di 1.800 MHz di kota-kota tertentu. Maka, hal tersebut bisa menjadi solusi, bila ingin tetap merasakan 4G LTE di spektrum 1.800 MHz sekarang ini.

Performa

Xiaomi terus meningkatkan mengenai dapur pacunya. Pada Redmi 2, Xiaomi membenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 quad-core 1,2 GHz dengan komputasi 64 bit. Selain itu juga, sudah GPU Andreno 306 dan sistem operasi Android KitKat 4.4.4. Meski berjalan di versi KitKat, namun Xiaomi menjamin bahwa Redmi 2 ini nantinya mampu mendukung sistem operasi terbaru, yaitu Lollipop.

Redmi 2 menyematkan RAM 1 GB, kapasitas memori internal 8 GB, tetapi bisa didukung dengan memori eksternal hingga 64 GB.

Xiaomi telah menanamkan kapasitas baterai lithium-ion polymer sebesar 2200 mAh. Xiaomi mengetahui bahwa saat ini penggunaan smartphone semakin intens dalam genggaman, maka pada Redmi 2 sudah dibenamkan Quick charge 1,0 technology, sehingga mampu mengisi daya baterai lebih cepat lagi.

Dalam penggunaan sehari-hari dengan melakukan pekerjaan, seperti browsing, SMS, memutar lagu dan video, Redmi 2 mampu bertahan sekitar lima jam. Namun, hasilnya dengan banyak beban kerja yang dipikul, ponsel ini terkadang cepat panas.

Kesimpulan

Dalam uji tes benchmark melalui AnTuTu, Redmi 2 mendapat skor 20.022. Sementara dari benchmark Quadrant meraih nilai 11.534. Sedangkan, dari PC Mark memperoleh skor 3.013.

Untuk kategori smartphone harga Rp1,599 juta, Redmi 2 tepat menjadi incaran para penggila gadget. Tak hanya menawarkan spesifikasi mumpuni di kelasnya, melainkan Redmi 2 mampu mendukung jaringan 4G LTE dengan dua kartu SIM secara bersamaan.

Saat ini, penjualan Redmi 2 masih melalui situs Lazada Indonesia dengan metode flash sale-nya. Untuk mendapatkan secara offline, belum diketahui kapan waktunya. Namun kemungkinan dalam waktu dekat. Sebab Xiaomi telah mengandeng kerjas ama dengan distributor lokal, yaitu Erajaya dan Trikomsel.

Xiaomi debut produk perdana laptop dengan Mi Notebook Air

Intip Laptop Perdana Xiaomi, Pesaing MacBook Air

Xiaomi merilis Mi Notebook Air.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016