Ponsel Android Hilang, Ini Cara Carinya

Ilustrasi pencurian ponsel
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional
- Kehilangan ponsel pintar memang sangat mengecewakan. Terlebih lagi, umumnya pengguna yang kehilangan hampir pasrah saat
handset-
Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
nya tak akan kembali. Biasanya kasus ini terjadi dalam pencopetan atau pencurian.
Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Sebagai salah satu solusi, Google memberikan sebuah alternatif untuk mencari ponsel Android pengguna. Dikutip dari Phone Arena, Kamis, 16 April 2015, Google menyediakan fitur pencari yaitu find my phone.

Caranya yaitu pengguna cukup mengakses Google pada dekstop komputer dan menanyakan posisi ponsel dengan mengetikkan find my phone, pada kotak pencarian.

Begitu mengetikkan find my phone, maka sebuah peta akan menampilkan di mana posisi tepatnya ponsel kesayangan Anda. Pengguna kemudian diminta untuk mengklik pada ikon Ring pada bagian kiri bawah layar, maka Goole akan membuat ponsel Anda berdering selama lima menit dengan volume maksimum.

Tentu saja fungsi ini akan mengundang perhatian di sekitar posisi ponsel pengguna. Namun pencarian ini bisa berfungsi bila pengguna telah menginstal aplikasi teranyar find my phone pada ponsel mereka.

Fungsi pencarian yang sama juga sudah ada pada sistem operasi Android untuk perangkat sandang (wearable). Fungsi itu bernama find my watch.

Sebelumnya untuk mengantisipasi data pada ponsel yang hilang, Android telah memiliki fitur untuk penghapus data melalui Android Device Manager. Disebutkan sekitar 30 juta pengguna Android telah menggunakan kemampuan pencarian ponsel yang hilang pada Android Device Manager.

Pada Android Device Manager memungkinkan pengguna menghapus data pada ponsel yang hilang dari jarak jauh. Data yang dihapus berkaitan dengan data penting misalnya menghapus PIN pengguna. Hal ini bertujuan ponsel tidak disalahgunakan oleh pencuri atau penemu ponsel pengguna.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya