Misterius, Tak Ada Jejak Alien di 100 Ribu Galaksi

Planet OGLE-2013-BLG-0341LBb
Sumber :
  • DailyMail.uk
VIVA.co.id
Foto Ini Tunjukkan Keberadaan Kalajengking di Mars?
- Teka-teki kehidupan mahluk asing, atau alien di laur angkasa kian menjadi misteri. Padahal, beberapa waktu lalu, Badan Anatriksa Nasional Amerika Serikat (NASA) optimistis kehidupan alien akan ditemukan pada satu dua dekade mendatang.

Tiang di Dasar Laut Bukti Alien Pernah Kunjungi Bumi

Peneliti Penn State University, Pennsylvania, AS, mengungkapkan bahwa sejauh ini tidak ada bukti nyata tanda-tanda kehidupan alien di alam sememsta. Bantahan peneliti itu muncul, setelah mereka meneliti 100 ribu galaksi di alam semesta dan tak menemukan tanda kehidupan alien.

Dikutip dari Popular Science, Kamis 16 Maret 2015, peneliti mengatakan bahwa setidaknya tanda kehidupan alien bisa dilacak dari munculnya pancaran panas.

"Jika seluruh galaksi telah dikoloni oleh peradaban maju, energi yang dihasilkan teknologi peradaban itu bisa dideteksi dalam gelombang panjang inframerah pertengahan," jelas Jason T Wright, profesor peneliti Penn Statae University, yang menginisiasi studi Glimpsing Heat from Alien Technologies Survey.

Dalam survei itu, peneliti menggunakan informasi dari satelit pengamatan orbit WISE milik NASA untuk mengukur radiasi energi yang menampilkan panas.

Wright menjelaskan, saat peradaban alien menggunakan sejumlah besar energi, seharusnya radiasi energi itu akan tampak sebagai panas. Namun, nyatanya peneliti tak menemukan tanda tersebut, meski telah menjelajahi 100 juta entri satelit dalam galaksi yang memancarkan radiasi infra merah.

Peneliti, kemudian mengerucutkan pencarian pada 100 ribu galaksi potensial dan hanya menemukan 50 galaksi yang memiliki 'tingkat tinggi radiasi infra merah pertengahan yang tak biasa'.

Berdasarkan temuan itu, Wright mengatakan galaksi yang diuji itu belum pasti ditinggali kehidupan alien. Dia mengaku agak heran dengan temuan tersebut, sebab usia galaksi cukup lama, namun belum ditemukan jejak alien.

"Galaksi-galaksi tersebut itu usianya miliaran tahun. Jika alien itu ada, seharusnya itu banyak waktu bagi peradaban asing untuk mengisinya. Entah mereka tak ada, karena belum menggunakan energi yang cukup untuk dikenali kita," ujarnya.

Meski tak menemukan tanda nyata kehidupan alien, Wright mengatakan masih ada peluang menemukan alien di luar angkasa. Peneliti akan mendalami panas yang dihasilkan oleh beberapa galaksi yang disebutkan di atas, apakah panas muncul dari sumber alami atau dari peradaban maju.

"Studi percontohan ini baru saja dimulai," kata dia. (asp)

![vivamore="
NASA Mudahkan untuk Dengar Suara Alien
Baca Juga :"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya