Ditemukan, Alat Batu Tertua Berusia 3,3 Juta Tahun

Artefak peninggalan kebudayaan pra-Inca
Sumber :
  • REUTERS/ Mariana Bazo
VIVA.co.id
Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
- Peneliti di California, AS, menemukan alat batu tertua yang pernah ditemukan. Alat batu itu lebih kuno itu berusia 3,3 juta tahun lalu, 700 ribu tahun lebih tua dari alat tertua yang pernah ditemukan di Ethiopia, Afrika.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Dikutip IB Times, Rabu 15 April 2015, arkeolog Universitas Stony Brook, New York, mengaku tak sengaja menemukan alat tertua tersebut. Arkekolog universitas tersebut, Sonia Harmand mengatakan alat tertua ditemukan selama penggalian di situs Lomekwi 3, barat danau Turkana, Kenya.

Harmard mengatakan ia dan timnya sebenarnya telah menemukan situs tersebut pada 2011. Saat itu tim mengaku salah menelusuri situs, sampai menemukan alat pada lanskap situs. Merasa menemukan benda berharga, tim memutuskan terus menggali situs tersebut.

Selama empat tahun penggalian, tim telah menemukan total 20 serpih, pandasan dan inti batu. Harmard mengatakan material yang ditemukan itu dalam kondisi diawetkan dalam sedimen dan ada tambahan 130 temuan benda ditemukan di permukaan.

"Artefak jelas diciptakan dengan pengelupasan yang disengaja. Dan ini bukan hasil dari patahan batuan yang disengaja," ujar Harmard kepada laman Sciencemag.org.

Jika memang alat tersebut benar berusia 3,3 juta tahun, berarti sebuah temuan yang mengejutkan. Sebab usia itu lebih tua dari kedatangan genus Homo, nenek moyang manusia modern, yang diperkirakan berusia 2,8 juta tahun.

Peneliti yakin alat batu tertua itu dibuat oleh Kenyanthropus atau dikenal dengan australopithecines, spesies kera berusia 3,2 juta tahun yang ditemukan pada 1974 lalu.

Antropolog George Washington University, AS, Alison Brooks, menguatkan pandangan tim Harmard, yang berpendapat alat kuno tersebut tak dibuat oleh alam.

"Bukti penanggalan cukup jelas," kata dia.

The shores of Lake Turkana, where many fossils of human ancestors have been found, are also the home of what may be the oldest known tools.

Situs Danau Turkana, Kenya (Sciencemag.org)

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya