Ini Cara Baidu Monetisasi Mobomarket

Baidu Inc. Perkenalkan MoboMarket di Indonesia
Sumber :
VIVA.co.id
2015, Nilai Industri Mobile Game US$200 Juta
- Tahun ini, Baidu telah berencana untuk mulai memonetisasi produk-produknya. Salah satu yang cukup potensial adalah toko aplikasi besutannya, Mobomarket.

Baidu: Ada 22 Persen Pengguna Unduh 5 Aplikasi Per Hari

Dikatakan Marketing Manager Baidu Indonesia, Iwan Setiawan, perusahaan saat ini telah memiliki beberapa cara untuk melakukan monetisasi. Hanya saja, yang menjadi kendala adalah proses transaksi pembayaran untuk melakukan pembelian di toko aplikasinya.

"Kami semua tahu, pembayaran masih menjadi isu yang besar di sini. Tidak seperti luar negeri, tren penggunaan kartu kredit masih minim di Indonesia. Kami mencari beberapa cara untuk mempermudah transaksi pengguna," ujar Iwan, ditemui di acara Echelon.ID di Jakarta, Rabu 15 April 2015.

Menurut Iwan, ada beberapa cara yang mereka bidik untuk dijadikan saluran pembayaran. Selain potong pulsa, cara lain adalah dengan menyediakan voucher fisik transaksi pembayaran.

"Potong pulsa, transfer bank, sampai voucher fisik, itu lagi kami jajaki. Sudah ada beberapa institusi yang kami dekati. Kalau voucher fisik, kami berencana bekerja sama dengan beberapa perusahaan ritel atau minimarket," ujar Iwan.

Sayangnya, Iwan enggan menyebutkan berapa target pendapatan Baidu dari Mobomarket, setelah monetisasi dimulai.

Dikatakannya, selain meningkatkan performa dan kemampuan mendapatkan pendapatan, mereka juga akan melakukan efisiensi distribusi. Salah satunya bekerja sama dengan para vendor ponsel, dan yang telah berjalan saat ini adalah dengan Evercoss.

"Untuk manufaktur handset, memang saat ini, yang baru bisa kami announce untuk Mobomarket adalah Evercoss. Tapi, untuk Baidu Browser, kami punya kerja sama dengan manufaktur lain," tutur Iwan.

Untuk mempermudah pengguna men-download, dan memberikan ruang kepada memori handset, Mobomarket membatasi ukuran aplikasi tidak lebih dari 3 Megabyte.

Saat ini, data Mobomarket memperlihatkan, ada sekitar 4 juta distribusi aplikasi per hari. Sejak berdiri sampai sekarang,  total ada 680.000 aplikasi di Mobomarket dengan 361 juta download dari 3,13 juta pengguna aktif bulanan. Total basis pengguna Mobomarket mencapai 10 juta. (art)

![vivamore="
Baidu Temukan 10 Anak Muda untuk Wakil di Masyarakat
Baca Juga :"][/vivamore]
Acara Baidu 'Mobile Apps Market Study Indonesia' di SCBD, Jakarta, Kamis (7/04/2016).

Ini Aplikasi yang Disukai dan Dibenci Orang Indonesia

Banyak aplikasi yang disukai tapi kemudian dihapus.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016