FOTO: 10 Negara Paling Bahaya dari Gunung Berapi

Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Teresia May
VIVA.co.id
Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik
- Memperingati dua abad letusan dahsyat Gunung Tambora, laporan ahli vulkanik internasional memaparkan laporan wilayah yang masih rentan dengan ancaman letusan gunung berapi.

Laga Panas! Duel Tinju Chef Arnold Poernomo Versus Codeblu di Ajang HSS Series 5

Dalam laporan Global Volcano Model Network, dikutip Live Science, Selasa 14 April 2015, disebutkan Indonesia masih menjadi negara yang paling berisiko menghadapi erupsi gunung berapi. Laporan ini akan diterbitkan pada Mei tahun ini oleh Cambridge University Press. 

Peneliti memeringkat beberapa negara yang masuk dalam wilayah berisiko setelah Indonesia yaitu Filipina, Jepang, Meksiko, Ethiopia, Guatemala, Ekuador, Italia, El Savador dan Kenya.

Berikut beberapa profil gunung api di beberapa negara tersebut:

1. Indonesia

Dua abad setelah letusan dahsyat Tambora yang berdampak pada dunia, menurut para ahli Indonesia masih menjadi negara yang paling rentan dengan erupsi gunung berapi mematikan.

Vulkanolog mencatat salah satunya Gunung Merapi yang masih perlu diwaspadai. Laporan tersebut menunjukkan erupsi pada 2010, memaksa 10 ribu hingga 20 ribu masyarakat dari wilayah sekitar Merapi.

Habib Bahar Ngaku Pernah Dilamar Artis Cantik: Dia Datangi Istri Saya Minta Izin

Mount Merapi

2.Filipina

Gunung Mayon terletak di pusat Bicol, Pulau Luzon menyita perhatian vulkanolog.

Aktivitas gunung ini perlu diwasapdai. pada 2013, lima pendaki terbunuh dan tujuh lainnya terluka saat gunung tersebut mengeluarkan letusan yang tak terduga sebelumnya. Gunung Mayon menjulang dari Badanara Legazpi.

Mount Mayon

3. Jepang

Di negeri Matahari Terbit ini, vulkanolog memerhatikan aktivitas Gunung Sakurajima. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Dalam ratusan tahun, gunung itu mengalami beberapa kali letusan.

Mount Sakurajima

4. Meksiko

Gunung berapi Popocatépetl telah memuntahkan abu dan aliran saat 'terbangun dari tidur' pada 1994. 

Gunung ini terletak sekitar 64 Km dari Mexico City. Gunung yang disebut Popo memiliki ketinggian 5426 meter menjadikan gunung berapi kedua tertinggi di Amerika Selatan.

volcano, Mexico, Popo

5. Ethiopia

Ilmuwan memperhatikan negara di Benua Afrika ini sebagai sarang aktivitas gunung berapi. Ethiopia memiliki beberapa gunung berapi dengan danau lava aktif hingga gunung berapi dengan retakan baru yang terbentuk.

Salah satunya gunung berapi dengan retakan baru yang muncul pada 2005 yaitu naiknya magma di Gurun Afar. Proses ini menciptakan area air di kerak bumi sepanjang 60 Km.

volcanic-cone-afar-desert-101019-02



6. Guatemala

Gunung berapi Volcán de Agua dengan ketinggian 3500 meter telah menghancurkan ibukota pertama negeri tersebut.

Menuurut catatan sejarah, semburan lumpur yang disebut dengan lahar telah mengubur kota, meskipun gunung berapi tak meletus.

Volcanoes in guatemala

7. Ekuador

Gunung berapi yang menjadi perhatian di negeri ini yaitu Gunung Tungurahua.

Gunung tersebut mendapat predikat salah satu gunung berapi paling aktif di Amerika Selatan.

Tungurahua volcano

8. Italia

Keberadaan Gunung Etna di negeri Piza ini telah menjadi embrio vulkanologi. Gunung ini telah menjadi perhatian pada ilmuwan dan naturalis sejak 2000 tahun lalu.

Gunung Etna merupakan gunung berapi terbesar di Eropa.

Mount Etna

9. El Salvador

Gunung berapi Coatepeque mengeluakan letusan keras terakhir pada lebih dari 50 ribu tahun lalu. Namun bukan berarti gunung itu kemudian tak aktif, gunung berapi itu kemudian membentuk beraktivitas dan membentuk cekungan depresi yang saat ini diisi dengan danau indah.

Sekitar 10 ribu tahun lalu, letusan kecil dilaporkan muncul.

Melihat aktivitas tersebut, para ilmuwan mengingatkan gunung berapi ini kemungkinan jadi ancaman penduduk yang tinggal di dekatnya.

Coatepeque volcano

10. Kenya

Gunung Kilimanjaro menjulang di antara padang rumput Afrika. Pada puncak tertinggi gunung itu, Kibo, memang tak aktif, tapi Kilimanjaro bisa menjadi ancaman.

Sebab gunung ini merupakan yang terbesar dari serangkaian 20 ledakan gunung berapi di Lembah Rift, Afrika Timur.

Mount Kilimanjaro

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya