Tri Ngotot Ingin Dapatkan Kanal Kosong di 2,1 GHz

Tri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id -Empat operator, yakni Telkomsel, XL, Indosat, dan Huchinson 3 (Tri), akan saling bertarung memperebutkan pelanggan, untuk merasakan 4G Long Term Evolution (LTE) di spektrum 1.800 MHz.

Namun, khusus untuk Tri, tampaknya tidak akan maksimal pada layanan 4G LTE di spektrum tersebut. Sebab, pada kanal 1.800 MHz, Tri hanya mengisi 10 MHz, berbeda dengan Indosat dengan 20 MHz, maupun Telkomsel dan XL yang memiliki lebar pita masing-masingnya sebesar 22,5 MHz.

Untuk itu, Tri mengaku, sangat bergairah, ketika mendengar kabar bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melelang dua blok terisi di kanal 11-12 pada spektrum 2,1 GHz. Pelelangan tersebut rencananya akan dilakukan akhir tahun 2015 ini.

"Lelang di 2,1 GHz itu kami yang paling getol minta, kalau dapat 10 MHz, ya 10 MHz," kata Chandra Aden, Director of Intercarrier & Government Relations Tri, di Jakarta, kepada VIVA.co.id, beberapa waktu lalu.

Pada pita frekuensi 2,1 GHz, Tri baru menguasai 10 MHz untuk para pelanggan 3G mereka. Maka dari itu, diungkapkan Dicky, begitu Chandra Aden disapa, Tri perlu penambahan pita lebar kepemilikannya di 2,1 GHz.

Tri memiliki asalan kuat untuk mengincar kanal kosong di 2,1 GHz. Diungkapkannya, Tri perlu mengincar di spektrum tersebut, karena pertumbuhan seperti jumlah pelanggan dan network harus seiring dengan ketersediaan kanal di frekuensinya.

"Harus sesuai apa yang kami punya sekarang dengan jumlah pelanggan. Kalau resources-nya tidak mengikuti, yak ketahan. Harus imbang pertumbuhan network, pelanggan, trafik data, dan resources," kata dia.

Berdasarkan laporan akhir tahun 2014 kemarin, Tri memiliki 50,16 juta pelanggan, di mana 25 juta pelanggannya merupakan pengguna data.

Tri memiliki 37.200 base tranceiver station (BTS) yang tersebar di seluruh Indonesia, setidaknya ada 16.500 BTS 3G, sementara 20.700 BTS 2G.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

(ren)

Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024