Indonesia Bangun PLTN, Masyarakat Perlu Sosialisasi

Energi nuklir.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Survei: 75% Warga RI Setuju Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengatakan akan mulai memperkenalkan masyarakat terhadap penggunaan teknologi nuklir sebagai salah satu sumber energi, dengan membangun reaktor daya eksperimen di Serpong, Tangerang.

Gaya Pemerintah Kampanyekan PLTN Dikritik

Menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir , upaya meyakinkan masyakat terhadap keamanan penggunaan teknologi nuklir sebagai sumber energi perlu dibuktikan dalam wujud nyata.

"Untuk edukasi kalau tenaga ini aman dan efisien, sehingga masyarakat dapat dengan tenang menggunakan tenaga ini," kata Nasir di Jakarta, Minggu 12 April 2015.

Sejauh ini, ia upaya pengenalan itu sudah diwujudkan dalam bentuk pembangunan reaktor daya eksperimen atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) mini yang akan ditargetkan selesai tahun 2018.

"Dalam hal ini kami bangun PLTN. Saya tunjukan barangnya dulu reaktor daya eksperimen, masyarakat tak percaya tanpa dilihat barangnya dulu," katanya.

Menurut Nasir, nantinya PLTN mini tersebut juga diproyeksikan akan dijadikan sarana edukasi dan wisata elektronik, yang dilakukan oleh Badan Tenaga Nuklir (Batan).

"Nanti kalau sudah jadi sekaligus pariwisata bidang elektronik, nanti dibangun di Serpong selesai 2018 saya dorong. Batan melakukan ini, anggaran APBN untuk Feasibility Study (uji kelayakan)  dan enginering-nya," lanjut Nasir. (ren)

![vivamore="
Pengembangan Energi Nuklir Tunggu Restu Jokowi
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya