Alasan Operator Pilih Maluku untuk Refarming Pertama

Pekerja cek BTS XL di Bandung
Sumber :
  • PT XL Axiata
VIVA.co.id
Demi 4G LTE, XL dan Indosat Ooredoo Saling Berbagi
- Keempat operator seluler, yaitu Telkomsel, XL, Indosat, dan Hutchinson 3 (Tri) telah mencapai kata sepakat untuk tata ulang (refarming) spektrum 1.800 MHz 4G Long Term Evolution (LTE). Penataan pada spektrum tersebut akan dilakukan mulai tanggal 1 Mei hingga 23 November 2014.

Resmi, Telkomsel Selimuti Dua Kota Ini dengan 4G LTE

Dalam proses refarming di 1.800 MHz ini, para operator tersebut satu suara, wilayah Indonesia dipecah menjadi 42 cluster. Untuk penataan awalnya, keempat operator itu akan melakukannya di cluster Maluku dan Maluku Utara.
Hasrat Telkomsel Incar Dua Blok Kosong di 2,1 GHz


"Kami sepakat pemilihan Maluku merupakan cluster karena BTS-nya (Base Tranceiver Station)  paling sedikit dari keempat operator ini," ujar Ivan Cahya Permana, VP Technology & System Telkomsel saat ditemui di Kantor Hutchinson 3 (Tri), Jakarta, Jumat, 10 April 2015.


Dengan alasan tersebut, para operator ini menjadikan Maluku dan Maluku Utara sebagai cluster pertama yang dilakukan tata ulang di pita frekuensi 1.800 MHz.


"Sehingga ini sarana warming up, sebelum cluster kita di wilayah lainnya," jelas Ivan.


Sementara ditemui ditempat yang sama, Rahmadi Mulyahartono, Senior GM Network Planning XL, refarming untuk Pulau Jawa sendiri direncananya akan dilakukan setelah lebaran Idul Fitri.


"Jakarta jadi paling akhir. Di Pulau Jawa, akhir Oktober atau November, setelah lebaran," kata pria berkacamata ini.


Penentuan cluster tata ulang 1.800 MHz ini, Operator melihatnya dari segi kesulitan dan meminimalisir gangguan kepada para pelanggannya, ketika dilakukannya refarming.


"Karena di 42 cluster ini, tidak semua ada empat operator, bisa saja satu cluster itu hanya ada Telkomsel dan Indosat. Penjadwalan refarming per cluster ini tergantung kerumitannya dan disesuaikan dengan konfigurasi yang ada," tutur Ivan.


Pada tata ulang spektrum 1.800 MHz ini, operator menggunakan metode step-wise, dimana metode tersebut merupakan gabungan dari metode direct (langsung) dan metode indirect (tidak langsung).![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya