Nama Stephen Hawking Dibuat Merek Dagang

Stephen Hawking
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru
- Stephen William Hawking atau yang dikenal dengan Stephen Hawking merupakan fisikawan jenius, sekaligus kontroversial. Meski demikian, ia menjadi tokoh penting di abad ini. Maka itu, agar reputasinya terus terjaga, nama Hawking kini terdaftar pada Kantor Kekayaan Intelektual di Inggris, sebagai nama dagang.

Hawking: Bencana Dunia Hampir Pasti, Segera Tinggalkan Bumi

Dengan demikian, usai didaftarkan, nama Hawking resmi menjadi nama dagang, setara dengan jajarang pesohor dunia, seperti JK Rowling atau David Beckham.

Seperti diketahui, Hawking merupakan orang yang cukup kontroversial saat mengemukakan teori-teorinya, seperti mengenai kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking. Bahkan, karena ketekunannya di dunia eksak, ia pun sempat mengaku tidak mempercayai Tuhan.

Pendaftaran nama Hawking ini didaftarkan oleh mantan almamaternya saat meraih gelar profesor Lucasian dalam bidang Matematika, yakni Cambridge University. Tujuannya, agar tidak ada yang menyalahgunakan ketenarannya untuk sesuatu yang hal yang buruk, misalnya mencantumkan nama Hawking untuk produk yang tidak pantas.

"Ini masalah pribadi untuk Stephen Hawking, bukan masalah universitas. Langkah ini diambil untuk melindungi namanya dari kesuksesan yang telah diraihnya," ujar juru bicara Cambridge University dilansir dari The Hindu, Senin, 30 Maret 2014.

Selain menjaga reputasi Hawking, nantinya nama dagang Hawking ini ditujukan untuk amal mendirikan sebuah yayasan, yang mempromosikan bidang fisika atau penelitian penyakit motor neuron, penyakit yang membuat pria berumur 73 tahun itu lumpuh dan menghabiskan semasa hidupnya di kursi roda.

Chris McLeod, President of the Institute of Trademark Attorneys, mengungkapkan bila ada yang menggunakan nama Hawking, maka pihak tersebut harus merogoh kocek hingga jutaan poundsterling.

"Itu tergantung berapa penasihatnya mendapatkan lisensi dan produk dan jasa. Jika dia (Hawking) mati, maka merek dagang dapat diserahkan kepada yayasannya atau keluarganya," katanya.

![vivamore="
Stephen Hawking: Lubang Hitam Itu Punya 'Rambut'
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya