Ditemukan, Planet Raksasa dengan Empat Matahari

Planet kerdil dibatas terluar sistem tata surya.
Sumber :
  • http://www.isains.com

VIVA.co.id -  Tim astronom di AS telah menemukan planet dengan empat matahari. Peneliti mengatakan di masa depan temuan ini kemungkinan menjadi hal yang umum. Dikutip Space.com, Senin 30 Maret 2015, para astronom menyebutkan sistem planet empat bintang itu dengan sistem 30 Ari.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi

"Sistem bintang yang muncul dengan banyak bentuk. Ada bintang tunggal. dua bintang, tiga bintang bahkan sistem dengan empat bintang. Sangat luar biasa cara alam meletakkannya bersama," ujar Lewis Roberts, pemimpin penulis dari Jet Propulsion Laboratory NASA, Pasadena, California.

Sistem bintang 30 Ari ditemukan pada 2009 lalu pada konstelasi Aries. Jaraknya sekitar pada 136 tahun cahaya dari bumi. Untuk massa planet ini, 10 kali lebih dari Jupiter dan mengorbit bintang uatam asetiap 335 hari.

Untuk menemukan planet raksasa itu, Robert dan koleganya menggunakan sistem optik adaptif Robo-AO pada fasilitas Palomar Observatoryin, California. Sistem ini menguji ratusan bintang setiap malam. Pencarian ini kemudian mengidentifikasi empat bintang yang dekat dengan bintang utama 30 Ari.

Dalam pengamatan itu, astronom juga menemukan satu bintang baru yang masuk dalam lingkaran sistem bintang setiap 80 tahun.

Fenomena ini mengejutkan peneliti dan membutuhkan pendalaman lebih lanjut.

Temuan planet dengan empat matahari ini menurut peneliti bukanlah yang pertama kali. Pada 2012, astronom telah menemukan planet dengan sistem empat bintang, PH1b atau Kepler-64b. Planet empat bintang pertama ini berhasil ditangkap oleh misi Kepler NASA.

Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia, Tamara Tyasmara Kenang Momen Kebersamaannya

Astronom mengatakan peluang menemukan kemungkinan bakal banyak ditemukan planet dengan empat bintang di masa depan seiring dengan kemajuan teknologi pengamatan. Sebelumnya sudah banyak planet luar Tata Surya yang memmiliki dua atau tiga bintang.

"Sekitar empat persen dari bintang berjenis matahari ada di sistem empat bintang, ini diperkirakan akan naik dengan teknik pengamatan yang terus membaik," ujar Andrei Tokovinin, salah satu penulis dari Cerro Tololo Inter-American Observatory, Chile.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Astronomical Journal.

![vivamore="Baca Juga :"]

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

[/vivamore]

(ren)

Atalanta vs Liverpool

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Liverpool meraih kemenangan atas Atalanta dengan skor 1-0 dalam babak Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024