Kaspersky Lab: Data Pengguna Gelang Kebugaran Rawan Dicuri

Gobe, gelang diet pengukur kalori
Sumber :
  • Indiegogo
VIVA.co.id
Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi
- Perangkat wearable tengah digandrungi sebagian masyarakat modern. Begitu juga mengenai
fitness tracker
Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat
atau wirstband
Mengganas di Piala Asia, Timnas Indonesia U-23 Jadi Perbincangan di Qatar
(gelang kebugaran) yang bisa memantau penggunanya, mengatur pola aktivitas fisik serta kalori asupan mereka, sehingga selalu tetap bugar.

Dengan menggunakan gelang kebugaraan tersebut, penggunanya dapat melihat hasilnya berupa data pribadinya dari segala aktivitas kesehariannya dan tersimpan aman di dalam perangkat.


Namun, perusahaan keamanan internet Kaspersky Lab, menemukan bagaimana sejumlah gelang kebugaran berinteraksi dengan ponsel pintar dan beberapa hasilnya cukup mengejutkan.


Dalam keterangan yang diterima
VIVA.co.id
, Sabtu 28 Maret 2015, peneliti Kaspersky Lab bernama Roman Unuchek mengungkapkan hasil temuannya.


Metode otentikasi yang diimplementasikan dalam beberapa gelang pintar ini, memungkinkan pihak ketiga dapat terhubung tanpa terdeteksi ke perangkat, menjalankan perintah, dan dalam beberapa kasus menarik data yang tersimpan pada perangkat.


Dalam perangkat gelang kebugaran yang telah diselidiki peneliti perusahaan asal Rusia ini, mengungkapkan data-data tersebut terbatas pada jumlah langkah yang dilakukan oleh pemilik perangkat pada aktivitas fisik sebelumnya.


Namun, di masa mendatang, ketika generasi gelang kebugaran ini mampu mengumpulkan volume yang lebih besar dari data yang bervariasi muncul di pasaran, risiko data medis yang sensitif tentang pemilik gelang pintar ini berpotensi bocor ke tangan lainnya, dengan angka yang cukup signifikan.


Sambungan berbahaya ini dapat dimungkinkan terjadi, saat perangkat terhubung dengan ponsel pintar.


Dari penelitian Kaspersky Lab, gelang pintar yang berbasis Android 4.3 atau lebih tinggi lagi, dengan aplikasi khusus yang tidak sah terpasang di dalam perangkat dapat terhubung dengan gelang dari vendor tertentu.


Dijelaskan, untuk sambungan ini, pengguna harus mengkonfirmasi pemasangan dengan menekan tombol pada gelang mereka. Penyerang dapat leluasa menyerang hal tersebut, karena sebagian besar gelang kebugaran modern tidak memiliki layar.


Kemudian, ketika gelang kebugaran tersebut bergetar meminta pemiliknya untuk mengkonfirmasi pemasangan korban tidak akan mungkin mengetahui, apakah mereka mengkonfirmasi hubungan dengan perangkat mereka sendiri atau dengan perangkat orang lain.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya