Dunia Online Turut Demam Batu Akik

Batu akik.
Sumber :
  • ANTARA/Rony Muharrman
VIVA.co.id
VIDEO: Kang Komar, Duta Batu Akik Kota Bandung
- Demam batu akik memang telah melanda di berbagai wilayah Indonesia. Batu akik menjadi perbicangan hangat lintas generasi, mulai dari kalangan tua, muda, remaja maupun kaum pria dan kaum hawa. Semua asyik membincangkan batu mulia tersebut.

Akik Belum Diakui Internasional sebagai Batu Mulia

Populasitas batu akik juga melanda ke platform online.

Analisa Joy Intermedia, perusahaan layanan IT yang fokus monitoring online dan analitic tool mencatat batu akik telah menjadi trending topic cukup lama. Perusahaan ini memonitor perbicangan seputar batu akik selama sepekan pada situs media sosial dan situs lainnya. Hasilnya virus batu akik tiada putus untuk diperbicangkan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Kamis 26 Maret 2015, dalam sepekan yaitu 10 hingga 17 Maret, batu akik diperkirakan telah diperbincangkan di situs sosial media sebanyak puluhan juta.

Hasil monitoring menunjukkan pada 10 Maret, perbincangan batu akik menyentuh 16,8 juta, sehari kemudian melonjak jadi 34,2 juta (11 Maret), 23 juta (12 Maret), 43,2 juta (13 Maret), 19,3 juta (14 Maret), 20,9 juta (15 Maret), 29 juta (16 Maret) dan 18,7 juta (17 Maret).

Pola yang sama juga ditunjukkan dari jumlah mention seputar batu akik di sosial media. Tercatat demam batu mulia ini menghasilkan 6,4 ribu mention (10 Maret), 8,4 ribu (11 Maret), 7,8 ribu (12 Maret), 17,4 ribu (13 Maret), 10,4 ribu (14 Maret), 6,9 ribu (15 Maret), 9,8 ribu (16 Maret) dan 7,5 ribu (17 Maret).

Dari sisi kategori media yang digunakan untuk me-mention batu akik, hampir seluruhnya muncul di Twitter (91,3 persen), 2,2 persen (forum), 0,8 persen (Facebook), 0,7 persen (video), 0,1 persen (berita), 0,1 peren (foto) dan 4,8 persen (lainnya).

Harga Akik Tujuh Warna Ditaksir Senilai Ratusan Juta Rupiah

Situs teraktif

Monitoring juga menemukan akun jejaring sosial media yang teraktif membicarakan batu akik yaitu @infojatim yang mana diakses 10348 dengan jumlah mention 331. Akun @info_sulsel membayangi dengan raihan (2200 akses/194 mention), disusul @inpojabar (2549 akses/169 mention).

Sedangkan dilihat dari sisi situs yang teraktif membicarakan batu akik, hasil monitoring menemukan twitter.com menjadi jadi media yang paling digemari, dengan jumlah mention mencapai 66514, disusul kaskus.co.id (1641 mention) dan plus.google.com (1597 mention).

Pemantauan juga menemukan situs yang paling berpengaruh ke pengguna yaitu kaskus.co.id dengan 35 ribu kunjungan, diikuti websta.me (25 ribu kunjungan).

Hasil monitoring itu hasil dari kolaborasi data dari Joy Intermedia, Sotrender, Brand24 dan Sharefoundation.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya