Hewan Mirip Pokemon Pikachu Ini Hampir Punah

Ili Pika, spesies hampir punah
Sumber :
  • Boredpanda
VIVA.co.id
Siput Asal Borneo Jadi Spesies Terkecil di Dunia
- Tiga puluh tahun lalu, peneliti geografi menemukan hewan spesies yang lucu. Dia adalah Ili Pika, yang wujudnya biasa disamakan dengan karakter Pikachu dalam serial kartun Pokemon.

Ini Sepuluh Spesies Baru yang Pernah Ditemukan

Saat ini, dilansir melalui
Ditemukan, 7 Spesies Katak Mini Seukuran Kuku Orang Dewasa
National Geographic , Jumat 27 Maret 2015, Ili Pika diperkirakan sedang dalam proses kepunahan. Hewan itu saat ini memiliki populasi yang sangat sedikit dan hanya ada di wilayah terpencil di Gunung Tianshan, China bagian barat daya.


Dulu, pada 1990, populasinya masih sekitar 2.000 ekor. Saat ini, angka itu diperkirakan berkurang, bahkan kurang dari setengahnya. Ilmuwan sendiri dikabarkan baru melihat penampakan sekitar 29 ekor Ili Pika yang masih hidup.


Seorang ahli konservasi, Li Weidong, melihat Ili Pika untuk pertama kalinya pada 1983. Kala itu dia sedang meneliti sumber daya alam wilayah Tianshan untuk kepentingan pemerintah China. Nama Ili Pika sendiri diambil dari nama tanah kelahirannya.


Setelah jatuh cinta pada Ili Pika, Weidong akhirnya berhenti dari pekerjaannya dan mulai mendedikasikan hidupnya meneliti dan mengkonservasi hewan itu.


"Saya menemukan spesies itu dan saya melihat dengan mata kepala saya sendiri, hewan itu menuju kepunahan. Jika Ili Pika semakin punah saat saya masih hidup, saya akan merasa sangat bersalah," ujar Weidong, seperti dikutip dari Independent.


Yang dramatis, pada 2008, International Union for Conservation of Nature mendaftarkan Ili Pika sebagai salah satu spesies yang dilindungi. Sayangnya di China, tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah untuk melindungi Ili Pika.


Li akhirnya membiayai sendiri penelitian dan konservasi yang dilakukannya terhadap Ili Pika. Bahkan World Wide Fund for Nature pernah mendonasikan biaya untuk konservasi ini.


Sayangnya, menurut Weidong, hal tersebut tidaklah cukup. Ili Pika dianggapnya membutuhkan keterlibatan pemerintah.


"Umur saya sekarang hampir 60. Saya tidak akan mampu lagi mendaki gunung Tianshan," katanya.


Pemerintah China sendiri mengakui jika Ili Pika tidak masuk dalam daftar hewan yang dilindungi. Namun mereka berjanji akan memperbaharui daftar tersebut. (ren)

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya